Cristiano Ronaldo (tengah) dibayangi Lionel Messi (kiri) dalam laga ekshibisi di Stadion King Fahd, Riyadh, Arab Saudi,  Jumat 20 Januari 2023 dini hari WIB.
Gaya Hidup

5 Fakta Pertemuan Spektakuler Ronaldo dan Messi di Arab Saudi

  • Laga ekshibisi antara Paris Saint-Germain (PSG) melawan Riyadh All Star XI benar-benar memuaskan para suporter dan penikmat bola.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

RIYADH—Laga ekshibisi antara Paris Saint-Germain (PSG) melawan Riyadh All Star XI benar-benar memuaskan para suporter dan penikmat bola. Duel tersebut kembali mempertemukan dua superstar yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang sudah tak pernah bertemu di lapangan hijau sejak 2020. 

Selain perjumpaan dua pemain berlabel greatest off al time (GOAT) tersebut, laga di Stadion King Fahd 20 Januari 2023 semakin semarak dengan sembilan gol yang tercipta. PSG memenangi laga tersebut dengan skor 5-4 atas Riyadh All Star yang diisi tim gabungan All Nassr dan Al Hilal, dua tim papan atas Saudi Pro League. 

Berikut lima fakta menarik yang bisa dicermati dari duel megah tersebut, seperti dilansir Mirror:

Pembuktian Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dianggap sudah habis ketika memilih pindah ke tim Arab Saudi, Al Nassr. CR7 dinilai tak lagi berada dalam performa top dan akan kesulitan ketika bermain untuk tim-tim elit Eropa. 

Namun Ronaldo membungkam para pengkritiknya dengan penampilan apik dan dua gol yang dicetaknya. Perannya sepanjang 60 menit di lapangan hijau juga menjadi penggerak tim. 

Hampir sepanjang laga Ronaldo mendapat perhatian luar biasa dari seisi stadion. Ronaldo pun diganjar man of the match atas penampilan di laga tersebut.  

Messi Tetap Berkelas

Lionel Messi sama sekali tak menurunkan kualitasnya meski bermain di laga ujicoba. Bintang Timnaas Argentina itu beberapa kali menghibur penonton dengan aksi individual yang dia lakukan. 

Messi bahkan langsung membuat publik di Stadion King Fahd bersorak lewat golnya di menit ketiga. Messi dengan cerdik menerima umpan Neymar. Dia lebih dulu membaca gerakan kiper lawan sebelum melepaskan finishing berkelas yang berujung gol. 

Arab Saudi Pamer Gengsi 

Kesuksesan mempertemukan Ronaldo dan Messi dalam laga uji coba menjadi kredit tersendiri bagi Arab Saudi. Negara para sultan tersebut kini layak dipertimbangkan sebagai pusat baru sepak bola di dunia. 

Ada potensi besar yang terpendam dari Arab Saudi. Setelah membuat kejutan di Piala Dunia 2022 dengan membekuk Argentina, Arab Saudi kembali dibicarakan setelah Al Nassr dengan pede memboyong Ronaldo. Ronaldo kini bahkan menjadi pemain dengan gaji termahal di dunia.

Tak hanya Al Nassr, sejumlah klub Saudi Pro League lain juga banyak diperkuat mantan pemain top Eropa. Al Hilal bahkan dikabarkan siap memboyong Messi. 

Sebagai penyelenggara pertandingan, Arab Saudi juga semakin moncer dengan menggelar laga kelas dunia seperti Supercoppa de Espana dan Supercoppa Italiana. Pemerintah Arab Saudi melalui PIF kini juga sukses mengakuisi Newcastle United dan membawa klub tersebut kembali ke papan atas. 

Mbappe Curi Perhatian

Messi dan Ronaldo memang menjadi perbincangan utama dalam laga di Riyadh. Namun Kylian Mbappe terbukti mampu memberi warna tersendiri di laga tersebut.

Mbappe tetap menunjukkan penampilan terbaik dengan sumbangan satu gol dan dua assist untuk kemeangan PSG. Bintang Timnas Prancis itu juga beberapa kali menunjukkan skill mengelabui lawan.

Navas Gagal Ambil Kesempatan 

PSG secara mengejutkan memasang Keylor Navas sebagai kiper utama dan mengesampingkan Gianluigi Donnarumma di Riyadh. Navas sejauh ini belum pernah bermain di Ligue 1 maupun Liga Champions. 

Diberi kesempatan oleh pelatih Christophe Galtier, Navas tampak menyia-nyiakannya. Dia kebobolan dua gol, salah satunya karena pelanggaran yang dia lakukan pada Ronaldo. PSG pun dihukum penalti.