The First Slam Dunk.
Gaya Hidup

5 Fakta The First Slam Dunk, Tak Cuma Tawarkan Nostalgia

  • The First Slam Dunk langsung disambut antusias warga Indonesia usai tayang perdana di bioskop Rabu 22 Februari 2023 lalu.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—The First Slam Dunk langsung disambut antusias warga Indonesia usai tayang perdana di bioskop Rabu 22 Februari 2023 lalu. Film yang diadaptasi dari manga berjudul Slam Dunk itu memang sudah sangat dinantikan pecinta Hanamichi Sakuragi dkk. 

Tak hanya menawarkan nostalgia, The First Slam Dunk menampilkan unsur-unsur baru yang tak ada di versi anime maupun manga sebelumnya. Berikut lima fakta menarik film besutan Takehiko Inoue tersebut:

Kombinasi CGI & Gambar 2D

The First Slam Dunk memiliki visualisasi yang menawan dan tak biasa. Hal ini karena sang sutradara menggabungkan teknologi ilustrasi gambar tangan 2D dengan teknologi computer generated imagery (CGI). Ilustrasi 2D diterapkan pada adegan kehidupan sehari-hari, sedangkan CGI diaplikasikan dalam laga basket. Kombinasi CGI dan 2D membuat tiap adegan film terasa lebih hidup. 

Gamit Pebasket Profesional

Takehiko Inoue berusaha keras membuat The First Slam Dunk memiliki jiwa basket dalam filmnya. Dia pun menghadirkan sederet pebasket profesional untuk memberi ulasan agar permainan basket di film animasi tersebut terasa nyata. 

Fokus pada Point Guard

Para fans bakal kecele apabila menebak film ini bakal fokus pada Hanamichi Sakuragi. Film The First Slam Dunk menyajikan kejutan dengan banyak mengangkat kisah Ryota Miyagi. Miyagi adalah point guard di tim basket SMA Shohoku. Kisah Miyagi sejak kecil hingga beranjak dewasa dikisahkan dengan alur yang cukup sentimentil. 

Soundtrack Anyar

The First Slam Dunk memilih lagu baru yakni Love Rockets karya The Birthday serta Dai Zero Kan milik 10-Feet sebagai soundtrack utamanya. Lagu-lagu itu menggantikan dua soundtrack Slam Dunk yang sudah sangat populer yakni Kimi ga Suki da to Sakebitai dan Anata Dake Mitsumeteru.

Kedua lagu baru di The First Slam Dunk sama-sama memiliki ritme cepat sehingga dapat memacu adrenalin kalian saat menyaksikan laga basket tim Shohoku.

Raup Pemasukan Triliunan

Kehadiran The First Slam Dunk di bioskop sukses menghalangi Avatar: The Way of Water mendominasi box office Jepang. Melansir dari Box Office M, Jumat 24 Februari 2023, The First Slam Dunk telah mengumpulkan US$80,3 juta di pasar domestik Jepang serta US$111 juta di box office global atau sekitar Rp1,7 triliun.

Sementara Avatar: The Way of Water “hanya” mengumpulkan US$24,1 juta sejak tayang 16 Desember 2022, meski kini menjadi film terlaris ketiga di dunia saat ini.