Manchester United menjuarai Piala Liga setelah mengalahkan Newcastle United 2-0 di Wembley, Senin 27 Februari 2023 dini hari WIB.
Gaya Hidup

5 Fakta Trofi Juara Manchester United di Piala Liga, Awal Tsunami Gelar?

  • Setan Merah berhasil membenamkan Newcastle United dengan skor 2-0 dalam final Piala Liga Inggris atau Carabao Cup di Wembley, Senin 27 Februari 2023 dini hari WIB.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

LONDON—Manchester United (MU) terus mengalami peningkatan sejak dibesut Erik ten Hag. Terkini, Setan Merah berhasil membenamkan Newcastle United dengan skor 2-0 dalam final Piala Liga Inggris atau Carabao Cup di Wembley, Senin 27 Februari 2023 dini hari WIB. 

Kemenangan itu tak hanya menambah koleksi gelar di lemari MU, tapi memberi kepercayaan diri bagi Marcus Rashford dkk. untuk menatap kesuksesan di liga atau turnamen lain yang masih diikuti. Berikut sejumlah fakta trofi juara Manchester United di Piala Liga:

Akhiri Puasa Gelar Sejak 2017

Sejak meraih gelar Liga Europa bersama Jose Mourinho tahun 2017, MU selalu gagal mengangkat piala. Setan Merah harus menanti lima tahun dan 278 hari untuk bisa mengangkat trofi lagi yakni di Piala Liga 2023. 

Trofi itu sukses mencegah MU dari catatan sejarah buruk yakni puasa gelar terpanjang. Sejauh ini puasa gelar terpanjang MU terjadi pada 1977 hingga 1983. Saat itu mereka gagal meraih gelar selama enam tahun tiga hari. 

Faktor Casemiro

Kehadiran Casemiro dari Real Madrid benar-benar seperti kepingan terakhir yang dicari MU. Gelandang asal Brasil itu sukses menghadirkan keseimbangan dan kenyamanan di lini tengah. Casemiro juga ikut memastikan gelar MU di Piala Liga dengan torehan satu gol. 

Aksinya itu menjadikannya mencatat empat gol dalan 12 laga terakhir di berbagai kompetisi. Jumlah itu lebih banyak ketimbang yang ditorehkannya dalam 89 laga sebelumnya. 

Potensi Tsunami Gelar

Sejumlah fans United belakangan sesumbar timnya bakal meraih banyak gelar musim ini setelah kehadiran Erik ten Hag. Hingga kini potensi “tsunami gelar” memang masih berada di depan mata Bruno Fernandes dkk. MU bahkan menjadi tim Inggris dengan potensi gelar terbanyak yakni empat. 

Setelah memastikan gelar Piala Liga, MU masih berpeluang memeroleh tiga gelar lain yakni Liga Premier, Liga Europa dan Piala FA. Di Liga Europa, mereka baru saja memastikan tiket perempat final setelah mengandaskan Barcelona. 

Pelatih Belanda Pertama

Belum pernah ada pelatih asal Belanda yang menjuarai Piala Liga sebelum Erik ten Hag. Tiga pelatih asal Negeri Kincir Angin sebelumnya meraih gelar di Piala FA yakni Ruud Gullit (Chelsea), Guus Hiddink (Chelsea) dan Louis Van Gaal (MU).

Gagal Akhiri Paceklik

Newcastle gagal mengakhiri paceklik gelar panjang mereka di kompetisi domestik usai dibekuk MU. Kali terakhir mereka mengangkat gelar domestik yakni saat menjuarai Piala FA 1955. The Magpies sejatinya pernah lolos ke final Piala FA pada 1999. Namun saat itu mereka juga takluk 0-2 dari MU.