Museum dan Galeri Seni SBY Ani
Nasional

5 Fakta Unik Museum Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan

  • Museum dan Galeri Seni SBY-Ani didirikan di atas lahan 1,5 Ha berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Ploso, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Nasional

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Museum dan Galeri Seni SBY-Ani didirikan di atas lahan 1,5 Ha berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Ploso, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. 

Gedung museum ini memiliki luas mencapai 7,5 ribu meter persegi dan telah diresmikan pada tanggal 1 Juni 2023 bertepatan dengan peringatan empat tahun berpulangnya mendiang Ani Yudhoyono. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum 5 fakta tentang museum SBY Ani dari berbagai sumber.

1. Terinspirasi dari Museum Bung Karno bersama Istri 

Museum Bung Karno yang terletak di Jalan Kalasan, Kelurahan Bendogerit, Blitar ternyata jadi inspirasi SBY untuk membangun museum yang serupa. 

“Rasanya tidak berlebihan jika saya membangun museum di tanah kelahiran saya,” kata SBY saat upacara peletakan batu pertama pembangunan museum tersebut. 

Dikutip dari postingan Instagram Agus Harimurti Yudhoyono, harapan didirikannya museum ini adalah agar pengunjung dapat mengambil pelajaran berharga dari sejarah di dalamnya. 

2. Menampilkan Sejarah Hidup SBY 

Seperti namanya, museum ini dijadikan destinasi edukasi untuk memberikan informasi tentang Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono. 

Dikutip dari Antara Direktur museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Ossy Dermawan memaparkan bahwa museum ini menampilkan sejarah hidup SBY yang dibagi menjadi berbagai tema. 

Tema pertama dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan lalu transformasi SBY dari warga sipil menjadi anggota militer. Tak hanya itu, perjalanan SBY berperan di pemerintahan terus berlanjut hingga hingga akhirnya terpilih menjadi presiden pertama pada tahun 2004. 

Di dalam museum juga terdapat pameran benda peninggalan SBY dan Ani Yudhoyono semasa hidup.

3. Disebut Sebagai Salah Satu Museum Terindah di Indonesia

Museum ini digadang-gadang sebagai salah satu museum terindah di Indonesia. Bukan tanpa sebab, dengan keberadaannya yang terletak di antara laut dan gunung menjadikan museum ini memiliki pemandangan yang menawan terlebih ketika senja menjelang. 

Hamparan langit oranye saat sunset tiba menjadi background bangunan yang megah ini.  Seperti yang kita ketahui, Pacitan terkenal dengan keindahan alamnya hingga mendapat julukan “Paradise of Java”. 

4. Ditempa Isu Miring Dana Hibah 9 Miliar 

Menjelang tuntasnya pembangunan museum ini, isu miring muncul mempersoalkan dana hibah Rp9 miliar yang disebut didapatkan museum dari Pemkab Pacitan.

Bupati Pacitan Indarnato menyebut bahwa dana hibah tersebut bukanlah atas permintaan SBY melainkan murni dukungan pemkab dan pemprov untuk museum. Karena harapannya, museum ini dapat meningkatkan sektor pariwisata dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. 

5. Peresmian yang Tertunda Beberapa Kali 

Peresmian museum ini disebut sempat tertunda hingga beberapa kali karena banyaknya kesulitan yang ditemui dalam menyusun outfit galeri seni, khususnya mensinkronkan foto dan gambar-gambar sesuai dengan konsep yang diinginkan SBY. 

Peresmian tertunda bahkan selama berbulan-bulan sejak konstruksi bangunan selesai digarap.