Striker Liverpool, Darwin Nunez, merayakan gol ke gawang Manchester United di Anfield, Senin 6 Maret 2023 dini hari WIB.
Gaya Hidup

5 Fakta Usai Pesta 7 Gol Liverpool ke Gawang Manchester United

  • Manchester United (MU) benar-benar dibuat remuk redam saat dihajar Liverpool tujuh gol tanpa balas dalam lanjutan Liga Premier Inggris di Anfield,.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Manchester United (MU) benar-benar dibuat remuk redam saat dihajar Liverpool tujuh gol tanpa balas dalam lanjutan Liga Premier Inggris di Anfield, Senin 6 Maret dini hari WIB. Kekalahan ini tak hanya membuat malu MU atas musuh bebuyutan, tapi juga menyudahi rekor tak pernah kalah mereka dalam 11 laga terakhir di semua ajang.  

Dua gol yang dicetak Cody Gakpo, Darwin Nunez, dan Mohamed Salah, serta satu gol tambahan dari Roberto Firmino bergiliran menjebol gawang David De Gea. Kekalahan dengan skor mencolok itu pun memunculkan sederet rekor yang mencoreng sejarah Setan Merah. Di sisi lain, pesta gol ini membuat Liverpool mencatatkan sejarah manis atas rival klasiknya itu. 

Berikut sejumlah fakta kemenangan 7-0 Liverpool atas Manchester United. 

Kekalahan Terbesar Sejak 1931

Hasil tersebut menjadi kekalahan terbesar United di semua ajang sejak pada Desember 1931 atau 92 tahun silam. Kala itu, MU menelan kekalahan dengan skor serupa saat menghadapi Wolverhampton Wanderers. Sebelum kekalahan tersebut, MU sempat menelan kekalahan dengan skor identik kala menghadapi Aston Villa pada Desember 1930 dan Blackburn Rovers pada 1926.

Dominasi Liverpool

Pesta gol kemarin semakin menegaskan dominasi Liverpool atas MU di Liga Premier Inggris. MU telah menelan 19 kekalahan atas Liverpool di pentas Liga Premier, kekalahan terbanyak yang mereka terima dari deretan klub di kompetisi tersebut.

Kemenangan Terbesar Atas MU

Keberhasilan membobol gawang United hingga tujuh kali dan tanpa kebobolan menjadi kemenangan terbesar The Reds atas MU di laga kompetitif. Sebelumnya, kemenangan terbesar Liverpool atas MU terjadi di kasta kedua Liga Inggris pada 1895 (7-1).

Bobol 21 Kali dari 5 Laga

Setan Merah benar-benar menjadi bulan-bulanan Liverpool beerapa waktu terakhir. Total MU kebobolan 21 gol dari lima pertemuan terakhir dengan The Reds di Liga Premier. 

Coreng Reputasi ten Hag

Belum lama ini Eric ten Hag disanjung usai mempersembahkan Piala Liga, trofi perdana MU sejak tahun 2016. Namun hanya beberapa hari berselang sang pelatih harus dibuat malu. Kekalahan 0-7 MU menjadi  kekalahan terbesar Ten Hag sejak memulai kiprah sebagai pelatih pada 2012 silam. Laga ini menjagi laga ke-481 Ten Hag memimpin sebuah tim di sepanjang kariernya sebaga pelatih di semua ajang.