5 Fitur Baru iOS 17 yang Ternyata Sudah Lama Ada di Android
Tekno

5 Fitur Baru iOS 17 yang Ternyata Sudah Lama Ada di Android

  • Inilah beberapa fitur iOS 17 yang baru rilis yang tampaknya sudah ada di perangkat Android sejak lama.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Sistem operasi seluler Apple, iOS 17, akan dirilis pada paruh kedua tahun ini dan akan kompatibel dengan iPhone yang dirilis mulai tahun 2018 dan seterusnya. Selama acara WWDC 2023, Apple meluncurkan berbagai fitur dan pembaruan baru yang akan dibawa oleh iOS 17. 

Versi stabil iOS 17 sendiri akan diluncurkan pada bulan September nanti yang akan bertepatan dengan rilis iPhone 15 yang sangat dinantikan. Meski begitu, ternyata fitur baru iOS 17 ternyata ada yang sudah ada lama di ponsel atau perangkat Android. Berikut penjelasannya.

Fitur Baru iOS 17 yang Sudah Ada di Perangkat Android

Fitur Baru iOS 17 yang Sudah Ada di Perangkat Android

Berikut beberapa fitur baru dari iOS 17 yang mirip dengan fitur di perangkat Android.

1. Live Voicemail

Sekarang dengan iOS17, Anda bisa melihat transkripsi pesan suara secara real time sehingga Anda bisa mengambil pesan yang penting. Selain itu, panggilan spam juga akan ditolak secara otomatis dan tidak akan ditampilkan sebagai transkrip.

Meski tidak sama persis, fitur tersebut mirip dengan fitur Call Screen dari Google yang memungkinkan Google Assistant menyaring panggilan Anda sebelum menjawab telepon. Fitur ini diketahui sudah ada di perangkat Google Pixel.

2. Transkripsi Pesan Suara

Pesan suara memang memudahkan kita untuk berkomunikasi, akan tetapi ternyata hal itu belum tentu bisa dilakukan di berbagai tempat. Bisa jadi Anda berada di tempat umum dan lupa tidak membawa headphone atau sedang rapat sehingga tidak bisa mendengarkan voice mail tersebut dengan segera.

Hal itu diatasi dengan adanya fitur transkripsi pesan suara di mana Apple menghadirkannya di iOS 17 ini. Ternyata fitur transkripsi pesan suara ini sudah ada di ponsel Android tepatnya di Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro.

3. Fitur Mengetik Pesan Menggunakan Suara

Baru-baru ini Apple mengumumkan bahwa fitur mengetik pesan dengan suara di iPhone akan lebih baik karena menggunakan peningkatan model pengenalan ucapan. Padahal, Google sendiri sudah melakukannya di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang menggunakan prosesor Tensor.

4. StandBy Mode

Salah satu fitur baru yang dibawa oleh iOS 17 adalah mode siaga atau StandBy Mode yang memungkinkan iPhone berfungsi ganda sebagai smart display saat dalam mode landscape dan mengisi daya. Meski tidak begitu sama, fitur ini juga ada di tablet milik Google.

5. Offline Maps

Sebelum iOS 17, ternyata Apple Maps belum mendukung kemampuan mengunduh peta untuk penggunaan secara offline. Padahal, Google Maps sudah mendukung fitur offline maps ini sejak 2012.

Itu tadi beberapa fitur iOS 17 yang baru rilis yang tampaknya sudah ada di perangkat Android sejak lama.