<p>Inilah cara mudah menghilangkan stres berlebihan/freepik.com</p>
Gaya Hidup

5 Gejala Ini Jadi Pertanda Sudah Saatnya Anda Meninggalkan Pekerjaan

  • Inilah beberapa gejala yang menjadi pertanda Anda harus berhenti dari pekerjaan Anda.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kita semua tentu pernah mengalami saat-saat ketika kita harus menghadapi keputusan yang sulit untuk melepaskan sesuatu yang sebelumnya memberi kita tujuan, seperti meninggalkan pekerjaan saat ini. 

Akan tetapi, keputusan besar seperti perubahan karier harus melalui pertimbangan yang matang. Anda juga perlu memikirkan kembali pekerjaan Anda saat ini sebelum beralih ke pekerjaan yang baru.

Saat Anda mempertimbangkan apakah akan resign atau melakukan transisi karier, ada baiknya jika Anda mengidentifikasi beberapa gejala yang bisa menjadi pertanda bahwa sudah waktunya untuk benar-benar beralih dari pekerjaan saat ini.

5 Pertanda Sudah Waktunya Anda Meninggalkan Pekerjaan Saat Ini

5 Pertanda Sudah Waktunya Anda Meninggalkan Pekerjaan Saat Ini

1. Anda telah mencapai tujuan Anda

Kadang-kadang Anda mungkin merasa kurang berkembang dalam posisi saat ini karena sudah tidak ada yang perlu dicapai. Meski begitu jangan khawatir, karena hal itu wajar terjadi. Terkadang, kita hanya ingin mencapai apa yang ingin kita capai dan siap untuk beralih ke tantangan baru.

2. Tidak lagi membuat Anda tumbuh

Saat Anda melihat pekerjaan Anda tidak lagi membantu Anda tumbuh, wajar bagi Anda mencari tempat lainnya yang mengizinkan Anda untuk belajar lebih banyak dan tumbuh. Meski begitu meninggalkan pekerjaan adalah suatu keputusan besar, oleh karena itu sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk resign, Anda mencari lagi apakah job description saat ini bisa diubah atau Anda berpindah ke divisi yang baru.

3. Anda selalu menghindari pekerjaan Anda

Ada saatnya Anda mengalami jenuh mengerjakan pekerjaan yang sebetulnya dulu menjadi favorit Anda. Jika hal ini terjadi pada Anda, Anda bisa mencoba untuk beristirahat baik sementara atau permanen dari kegiatan tersebut. 

4. Anda sering merasa lelah atau takut

Jika Anda secara teratur merasa takut saat bekerja, mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan dengan serius mengubah pekerjaan atau justru meninggalkannya. Anda perlu mengingat bahwa hidup Anda singkat dan berharga dan pekerjaan Anda seharusnya mampu membuat Anda bahagia.

5. Memicu munculnya kebiasaan buruk

Perusahaan yang memiliki budaya yang toksik dapat membuat pekerjanya mengalami perubahan perilaku dan bertentangan dengan nilai yang selama ini dianut. Oleh karena itu, ketika sesuatu yang Anda cari mulai menarik Anda lebih jauh dari nilai yang Anda anut mungkin ada baiknya jika Anda mempertimbangkan untuk berhenti.

Itu tadi beberapa gejala yang menjadi pertanda Anda harus berhenti dari pekerjaan Anda.