Ilustrasi Hari Perempuan Internasional.
Dunia

5 Hal Sederhana untuk Mendukung Hari Perempuan Internasional

  • Hari Perempuan Internasional menjadi simbol perjuangan perempuan untuk hak-haknya mulai dari sosial, ekonomi, budaya dan politik.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Setiap tanggal 8 Maret kini diperingati menjadi Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD). Perayaan itu menjadi simbol perjuangan perempuan untuk hak-haknya mulai dari sosial, ekonomi, budaya dan politik.  

Seiring berjalannya waktu, perayaan tersebut menjadi momentum kampanye berbagai isu yang dihadapi perempuan pada zamannya seperti kekerasan seksual, diskriminasi gender hingga ketimpangan teknologi.

Publik secara umum dapat mendukung gerakan tersebut dengan aksi-aksi sederhana. Berikut sejumlah cara memperingati Hari Perempuan Internasional 2023 seperti dilansir dari laman International Women’s Day, Rabu 8 Maret 2023:

Bekerja Sama

Publik dapat bekerja sama daam aktivisme kolektif untuk mendorong sebuah perubahan. Dari skala kecil, Anda dapat mewujudkan kesetaraan dengan menentang diskriminasi, stereotip gender dan mengupayakan inklusi. 

Memberikan Semangat

Anda dapat memberikan semangat dan menggalang teman, keluarga, kolega, dan komunitas Anda untuk mewujudkan kesetaraan dalam berbagai aspek. Dengan demikian, publik dapat bekerja secara kolektif untuk memberikan perubahan positif. 

Memberikan Energi Positif

Berikan energi positif dan kegembiraan dengan menghargai dan mendukung perbedaan. Renungkan bagaimana Anda dapat menjadi bagian dari solusi, bukan masalah. 

Membagikan Pesan Kesetaraan

Bagikan pesan, artikel, Twibbon, atau apapun terkait Hari Perempuan Internasional untuk mendorong pemahaman yang baik tentang kesetaraan dan solidaritas antarsesama. Anda juga dapat befoto dengan pose IWD #EmbraceEquity untuk menunjukkan solidaritas. Bagikan pesan Anda di media sosial dengan menggunakan #IWD2023 #EmbraceEquity untuk mendorong orang lain agar ikut membangun dunia yang inklusif. 

Terlibat dalam Gerakan IWD

Jadilah bagian dari gerakan Hari Perempuan Internasional. Galang kegiatan tertentu di komunitas Anda. Pola pikir dan tindakan Anda bakal sangat berarti dan membuat perbedaan bagi perempuan di dunia. Semua aktivitas IWD adalah sah. IWD bersifat inklusif, bukan eksklusif.