5 Hal yang Dilarang Dilakukan Saat Festival Hantu Lapar
Destinasi & Kuliner

5 Hal yang Dilarang Dilakukan Saat Festival Hantu Lapar

  • Inilah beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan ketika memasuki Festival Hantu Lapar.
Destinasi & Kuliner
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak hanya orang Amerika yang memiliki tradisi Halloween, orang China juga memiliki tradisi seputar arwah atau hantu yaitu Festival Hantu Lapar yang dikenal sebagai Zhong Yuan Jie dalam bahasa China. Festival Hantu Lapar diselenggarakan untuk menghormati orang yang telah meninggal.

Seperti yang dilansir Trenasia dari Visit Singapore pada Senin, 21 Agustus 2023, menurut adat tradisional masyarakat Tionghoa, jiwa orang mati dipercaya masih berkeliaran di bumi, dan selama festival hantu-hantu tersebut dapat melakukan kejahatan jika diabaikan. Oleh karena itu, untuk mencegah bencana terjadi, segala macam persembahan dilakukan selama periode Bulan Hantu yang merupakan bulan ketujuh dalam kalender lunar.

Selain itu Bulan Hantu pada tahun 2023 ini jatuh pada bulan Agustus di mana Festival Hantu Lapar terjadi pada tanggal 15 bulan ketujuh setiap tahun. Itu artinya Festival Hantu Lapar akan diadakan pada tanggal 30 Agustus 2023.

Banyak masyarakat Tionghoa mempercayai bahwa pada bulan tersebut tidak boleh melakukan beberapa hal, seperti berikut ini.

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Festival Hantu Lapar

Inilah berbagai hal yang dilarang dilakukan selama Festival Hantu Lapar, menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa.

1. Jangan Menggantung Pakaian di Luar Sepanjang Malam

Bentuk pakaian konon dapat menarik arwah pengunjung yang akan datang untuk ‘meminjam’ pakaian tersebut di malam hari. Selain itu arwah tersebut juga dapat meninggalkan aura pembawa malapetaka pada pakaian Anda.

2. Jangan Berdiri Terlalu Dekat dengan Dinding

Anda tentu sering berpose atau foto menempel di dinding, apalagi ketika dinding tersebut dihiasi mural yang indah yang tentu akan semakin menarik ketika diunggah di Instagram. Akan tetapi, sebaiknya Anda perlu menunda melakukan hal tersebut selama Festival Hantu Lapar. Menurut cerita rakyat Tiongkok, tembok secara alami mengeluarkan aura dingin dan menyeramkan serta menjadikannya tempat berkumpul para hantu.

3. Hindari Naik Bus atau Kereta Api Terakhir

Pada umumnya bus atau kereta api terakhir memiliki penumpang yang jumlahnya sudah sedikit. Itu artinya kondisi bus atau kereta jadi tampak sepi.

Akan tetapi, hal itu dipercaya bahwa sebetulnya angkutan umum sering dipenuhi oleh pelanggan tak terlihat yang mungkin hanya menunggu waktu untuk menyerang manusia yang sedang rentan. Oleh karena itu, tidak mengherankan ketika Festival Hantu Lapar ini masyarakat disarankan tidak menaiki bus atau kereta api terakhir.

4. Hindari Menghadapkan Sandal ke Tempat Tidur

Rumor mengatakan bahwa sandal berfungsi sebagai kompas bagi para arwah pencari korban. Sandal itulah yang dipercaya mengarahkan arwah ke tempat tidur Anda.

5. Jangan Meletakkan Tangan di Bahu Seseorang

Menurut cerita rakyat Tionghoa, manusia memiliki api tidak terlihat yang ada di pundak untuk menangkal roh jahat dan kemalangan. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak meletakkan tangan ke bahu teman-teman Anda karena dipercaya dapat memadamkan api yang dapat menangkal roh jahat tersebut.

Itu tadi beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan ketika memasuki Festival Hantu Lapar.