<p>Suasana warga berbelanja di salah satu supermarket di kawasan Kemang, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

5 Hal yang Harus Berhenti Dibeli Tahun 2023, Bikin Boros!

  • Simak beberapa hal yang sebaiknya mulai tidak dibeli tahun 2023 ini. Apakah masih ada beberapa barang yang terus Anda beli sampai saat ini?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pertengahan tahun adalah momen yang tepat bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan keuangan. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah kondisi keuangan Anda bisa membantu Anda meraih tujuan keuangan tahun ini atau tidak.

Ketika melakukan tinjauan keuangan, Anda mungkin menyadari bahwa ada beberapa pos pengeluaran yang sebetulnya tidak perlu dilakukan. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka ada baiknya jika Anda mulai berhenti membeli barang-barang sebagai berikut karena hanya akan membuat Anda jadi semakin boros.

Barang-barang yang Tidak Boleh Dibeli Tahun 2023

Berikut beberapa barang yang sebaiknya tidak Anda beli lagi agar pengeluaran Anda tidak meningkat.

1. Plastik 

Plastik tidak hanya buruk untuk planet atau lingkungan kita tapi juga tidak diperlukan. Anda mungkin berpikir plastik dengan berbagai jenis akan membantu Anda untuk menyimpan berbagai stok makanan di kulkas dan sebagainya. Akan tetapi, Anda sebetulnya lebih untung jika menggunakan wadah yang bisa dipakai berulang kali daripada menggunakan plastik sekali pakai.

2. Kartu Ucapan Ulang Tahun 

Kartu ucapan ulang tahun atau kartu tanda terima kasih mungkin sering Anda beli ketika ingin memberikan bingkisan atau hadiah kepada orang lain. Akan tetapi, hal itu termasuk pemborosan karena sebetulnya Anda bisa memanfaatkan situs desain kartu dan membuatkan Anda kartu elektronik untuk dikirim ke teman Anda.

3. Pakaian Baru

Anda tentu sering melihat berbagai iklan di media sosial tentang produk fashion yang menarik. Anda mungkin juga sering membayangkan diri Anda merasa bahagia ketika menggunakan produk fashion tertentu.

Akan tetapi, jika Anda terus menerus membeli pakaian baru padahal masih ada pakaian lama yang pantas untuk dipakai, maka uang Anda bisa cepat habis. Anda bisa mencoba menerapkan belanja secara sadar agar tidak berbelanja berdasarkan emosi sesaat yang dapat membahayakan kondisi keuangan Anda.

4. Kertas Pembungkus

Siapa bilang kado harus dikemas dengan indah dan diberikan dalam kemasan kertas bungkus warna-warni? Bahkan, Anda tentu sering melihat ada kertas kado berkualitas mahal dan kertas itu hanya berakhir dengan disobek dan dibuang di tempat sampah. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba tas belanjaan daur ulang sebagai tas hadiah, sehingga bisa digunakan lagi oleh penerima bingkisan tersebut.

5. Paket Makanan Berukuran Jumbo

Tidak dapat dipungkiri berbagai makanan yang dipajang di etalase toko tentu menggoda untuk Anda miliki. Apalagi, jika Anda menemukan paket makanan berukuran besar yang tampaknya dibandrol dengan harga lebih murah.

Akan tetapi, jika anggota keluarga Anda sangat sedikit, ada baiknya jika Anda tidak membeli hal tersebut. Selain akan mubazir atau sia-sia, Anda juga membeli barang yang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Itu tadi beberapa hal yang sebaiknya mulai tidak dibeli tahun 2023 ini. Apakah masih ada beberapa barang yang terus Anda beli sampai saat ini?