Penjualan ponsel dan smartphone di sebuah pusat perbelanjaan, Sabtu 11 Juni 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Tekno

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Ponsel atau Smartphone Anda

  • Simak penjelasan mengenai beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menjual ponsel atau smartphone lama Anda.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Seiring dengan kemajuan teknologi, setiap perangkat yang sekarang ini ada seperti ponsel atau smartphone akan digantikan dengan model ponsel yang lebih baru, kinerja lebih cepat, dan kaya akan fitur.  Hal tersebut mungkin akan membuat Anda jadi bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan lagi dengan perangkat lama Anda.

Salah satu pilihan atau solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjual ponsel Anda. Hal itu tidak hanya akan menambah uang Anda, tapi juga memudahkan Anda untuk membeli ponsel yang lebih baru.

Namun, sebelum Anda terburu-buru untuk menjual ponsel lama Anda, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan untuk memastikan Anda mampu meraih harga terbaik sekaligus melindungi data pribadi Anda.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mantap Menjual Ponsel Bekas

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum menjual ponsel bekas

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum menjual perangkat smartphone lama Anda.

1. Cadangkan Data Anda

Sebelum Anda melakukan apapun, langkah paling penting yang harus Anda lakukan adalah mencadangkan isi perangkat Anda. Pastikan Anda tidak kehilangan foto, kontak, dokumen penting, atau data pribadi berharga lainnya, ketika ponsel tersebut sudah tidak di tangan Anda.

Untuk mencadangkan data, Anda bisa menggunakan layanan Cloud Backup, seperti iCloud, Google Drive, atau Dropbox. Selain itu, Anda juga bisa mencadangkan file penting tersebut ke komputer atau iTunes.

2. Hapus Data Pribadi

Menjual perangkat smartphone Anda berarti menghapus data pribadi Anda. Melakukan factory reset saja mungkin tidak cukup untuk memastikan data Anda yang dihapus tidak dapat diambil lagi.

Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti cara berikut untuk memastikan data pribadi Anda benar-benar terhapus. 

  • iPhone: buka Settings, tap opsi General, tap  Reset, pilih opsi Erase All Content and Settings.
  • Android: buka Settings, tap opsi System, pilih Reset, klikk Factory data reset.

3. Buka Kunci atau Nonaktifkan

Jika ponsel Anda terkunci pada operator tertentu, pastikan perangkat tersebut tidak lagi terkunci, atau dinonaktifkan agar dapat berfungsi menggunakan operator apapun. Anda mungkin perlu menghubungi operator Anda untuk menyelesaikan tahapan ini.

4. Periksa Kondisi Perangkat

Kondisi fisik ponsel menjadi faktor penting dalam menentukan nilai jualnya. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa kondisi perangkat yang Anda jual terlebih dahulu, seperti apakah memiliki keretakan pada layar atau bodi, goresan atau penyok, rusak karena terkena air, dan perhatikan battery health-nya. 

Selain itu, Anda juga perlu menjelaskan aksesori apa saja yang disertakan, seperti charger, kabel, atau kotak aslinya. Anda juga bisa menyebutkan aksesori tambahan seperti casing ponsel atau stylus pen.

5. Periksa Usia dan Model Ponsel

Usia dan model dari perangkat yang Anda jual juga memainkan peran penting dalam nilai jualnya. Model ponsel lama tentu saja memiliki harga yang lebih rendah daripada model ponsel yang lebih baru. Oleh karena itu, teliti harga pasar saat ini untuk model spesifik yang Anda jual untuk menetapkan ekspektasi yang lebih realistis.

Itu tadi penjelasan mengenai beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menjual ponsel atau smartphone lama Anda.