<p>Cara menghilangkan kecemasan saat rapat online ketika WFH/freepik.com</p>
Gaya Hidup

5 Hobi yang Bisa Jadi Aset Menguntungkan untuk Jangka Panjang

  • Inilah beberapa hobi yang akan membawa manfaat dan menguntungkan Anda untuk jangka panjang. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ketika Anda masih muda tentu Anda memiliki berbagai hobi seperti berenang, menggambar, bernyanyi, karate, dan sebagainya. Hobi ketika masa muda mungkin bisa dijadikan sebagai sarana pelarian dari keharusan untuk belajar terus menerus.

Namun, sebagai orang dewasa terkadang hobi justru terasa seperti barang mewah. Anda mungkin akan merasa bersalah ketika menekuni hobi, seolah-olah sedang membuang-buang waktu dengan memasukkannya ke dalam jadwal Anda yang sibuk.

Meski begitu, hobi ternyata tetap bermanfaat. Berikut 5 hobi yang bisa membangun aset untuk fisik, keuangan, dan mental jangka panjang.

Hobi yang Bisa Jadi Aset Menguntungkan untuk Jangka Panjang

1. Kebugaran untuk Kesehatan Fisik

Tubuh yang bugar akan membantu Anda menjadi kaya. Selain menjauhkan penyakit, tubuh yang sehat dan bugar akan menurunkan biaya medis, membuat karier bertahan lebih lama, dan membantu mengatasi stres secara efektif. 

Jika Anda menganggap aktivitas fisik sebagai olahraga, Anda mungkin akan menganggapnya sebagai aktivitas yang membosankan sehingga tidak akan rutin untuk dilakukan. Namun, jika Anda menganggap aktivitas fisik sebagai hobi, Anda bisa menyesuaikan dengan kepribadian dan preferensi Anda, seperti jika Anda menyukai alam, Anda bisa berlari atau jogging di taman sekitar rumah daripada di gym.

2. Keterampilan untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Pakar keuangan kerap memberikan penjelasan mengenai pentingnya mendiversifikasi sumber pendapatan. Mengandalkan hanya pada satu pekerjaan mungkin tidak bijaksana. 

Oleh karena itu, Anda bisa mempelajari keterampilan yang tidak terkait dengan peran pekerjaan saat ini. Hal itu bisa terasa seperti istirahat sekaligus menambah aliran pendapatan tambahan.

3. Kreativitas untuk produktivitas

Manusia pada dasarnya kreatif dan terus berinovasi. Anda bisa mencoba menghabiskan beberapa jam setiap minggu untuk melakukan sesuatu yang kreatif dan memiliki banyak manfaat. Hal ini akan meningkatkan produktivitas Anda secara keseluruhan, membantu Anda berpikir out of the box, dan menghasilkan solusi inovatif di tempat kerja.

4. Bersosialisasi untuk Kesehatan Mental

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.Terlalu banyak bekerja hingga Anda tidak punya waktu untuk bersama keluarga atau teman akan merusak kesejahteraan Anda. Tetap menjaga hubungan akan membantu Anda berdiskusi mengenai ide, emosi, dan kejadian terkini sehingga akan meningkatkan kesehatan mental Anda.

5. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Mengembangkan keterampilan komunikasi akan sangat bermanfaat baik bagi kehidupan pribadi atau pekerjaan Anda. Pastikan untuk menikmati aktivitas yang membangun keterampilan komunikasi baik tertulis atau verbal seperti ikut sesi membaca buku, stand up comedy, atau lakukan sesuatu yang membuat Anda harus tampil di atas panggung.

Menempatkan diri Anda di mata publik akan meningkatkan kepercayaan diri dan mengubah cara Anda membawa diri. Anda akan melihat manfaat keterampilan komunikasi yang lebih baik di tempat kerja seperti meningkatkan peluang mendapat promosi dan jaringan yang lebih baik.

Itu tadi beberapa hobi yang akan membawa manfaat dan menguntungkan Anda untuk jangka panjang. Selamat mencoba.