Tidak Hanya Bikin Hidup Tenang, Inilah Manfaat Memiliki Passive Income
Gaya Hidup

5 Ide Side Hustle untuk Menghasilkan Uang Tambahan di Tahun 2023

  • Inilah rekomendasi ide side hustle atau pekerjaan sampingan yang bisa mulai Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan di tahun 2023 nanti.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA -  Memiliki side hustle atau pekerjaan sampingan akan membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan, di mana saat ini biaya hidup rata-rata semakin meningkat. Selain itu, side hustle juga dapat membantu Anda mengetahui pekerjaan yang sedang dibutuhkan terutama di tahun 2023.

Side hustle membantu Anda bagi yang sedang ingin memulai karier baru, menguji keterampilan atau untuk mendapatkan lebih banyak uang tambahan. Bagi Anda yang ingin melakukannya, simak beberapa ide side hustle berikut ini.

Ide Side Hustle atau Pekerjaan Sampingan Tahun 2023

1. Sewakan Mobil

Jika Anda lebih sering berada di rumah dan mendapati mobil Anda sering tidak digunakan, Anda bisa mencoba untuk mempertimbangkan menyewakan mobil Anda. Apalagi jika Anda berada di lokasi daerah tujuan wisata, tentu banyak orang yang membutuhkan layanan tersebut.

2. Sewakan Properti Jangka Pendek

Jika Anda memiliki properti yang tidak dipakai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai passive income untuk menambah pendapatan. Anda bisa mencoba menawarkannya ke beberapa layanan seperti Airbnb, Agoda dan sebagainya yang memudahkan pelanggan untuk memesan penginapan jangka pendek.

3. Menulis Panggilan Telepon, Video, atau Rekaman

Pekerjaan ini bertugas untuk mengambil rekaman audio atau video lalu mengetiknya menjadi ikhtisar atau tulisan agar mudah dibaca dan dirujuk oleh orang lain. Ada berbagai dokumen audio atau video yang biasa digunakan seperti arsip proses hukum, panggilan konsultasi, hingga catatan kelas. Anda bisa menggunakan sejumlah situs feelance seperti Rev, GoTranscript, dan TranscribeMe.

4. Tutor Siswa Secara Online

Anda bisa memanfaatkan layanan atau memasarkan kemampuan diri Anda melalui media sosial dan mulai memanfaatkan keterampilan Anda untuk mengajar kepada orang lain secara online. Anda bisa mengajar berbagai hal mulai dari cara menulis, membuat artikel, desain web, bahasa asing, dan sebagainya.

5. Membuat Desain Grafis atau Ilustrasi

Jika Anda merupakan seorang seniman atau desainer grafis dengan keterampilan membantu mewujudkan ide baru secara visual, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendaftar beberapa penyedia layanan tersebut seperti Crowdspring, 99Designs, dan DesignCrowd. Jika Anda lebih suka mengerjakan komisi berbayar dan desain sesuai pesanan, Anda bisa mencoba Fiverr, Toptal, DesignHill, dan Behance.

Itu tadi beberapa rekomendasi ide side hustle atau pekerjaan sampingan yang bisa mulai Anda lakukan untuk mendapatkan uang tambahan di tahun 2023 nanti. Selamat mencoba.