Ilustrasi anak di Jepang
Rumah & Keluarga

5 Jenis Keterampilan yang Perlu Dibekali pada Anak

  • Kurangnya keterampilan sosial dapat menyebabkan stres psikologis dan ketidakmampuan menyesuaikan diri, isolasi sosial, hingga penurunan harga diri.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Keterampilan sosial merupakan salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan dalam perkembangan anak. Keterampilan sosial penting dimiliki untuk membangun hubungan yang sehat. 

Keterampilan sosial penting untuk dimiliki karena berhubungan positif dengan penerimaan teman sebaya, adaptasi di sekolah, dan prestasi akademik anak. Tak hanya itu, keterampilan sosial juga berkontribusi pada perkembangan intelektual, perilaku, diri, dan sosial emosional anak. 

Kurangnya keterampilan sosial dapat menyebabkan stres psikologis dan ketidakmampuan menyesuaikan diri, isolasi sosial, hingga penurunan harga diri. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum 5 jenis keterampilan sosial untuk anak-anak.

1. Kerja Sama 

Keterampilan kerjasama dapat membantu anak-anak untuk membangun hubungan dan berinteraksi lebih efektif dengan orang-orang di sekitar mereka. 

Keterampilan ini meliputi membantu orang lain, berbagi mainan, mengikuti aturan dan sebagainya.  

2. Tanggung Jawab 

Tanggung jawab adalah keterampilan sosial yang mengharuskan seseorang memikirkan tindakan mereka dan konsekuensinya. 

Artinya anak-anak mampu bertanggung jawab dengan dirinya sendiri, orang lain, dan barang-barang mereka. 

3. Empati 

Keterampilan sosial empati terkait dengan bagaimana anak dapat berkembang dan berinteraksi lebih baik dengan orang-orang di sekitar mereka. 

Keterampilan empati mencakup kemampuan untuk memahami, berbagi perasaan dengan orang lain, menunjuukkan kepedulian terhadap orang lain, mendengarkan secara aktif serta kemampuan untuk bersikap positif dan berkomunikasi yang sehat. 

4. Tuntutan 

Tuntutan melibatkan pada kemampuan anak untuk meminta informasi, menanggapi tekanan teman sebaya, dan percaya diri untuk mengungkapkan pendapat dan perasaan seseorang dengan cara yang tepat. 

Misalnya ketika anak sedang berada di taman bermain dan terdapat seseorang yang mengganggu mereka. Dengan memiliki kemampuan ini, anak mampu membela diri sendiri tanpa menggunakan agresi fisik dan tetap menghormati. 

5. Keterampilan Emosional 

Tidak mampu mengendalikan emosi, membuat anak sulit untuk bersikap kooperatif,asertif, dan empatik. Keterampilan untuk meregulasi emosi sangat penting bagi anak sehingga anak mampu menangani konflik interpersonal, ejekan, dan umpan balik korektif dengan tetap menjaga stabilitas emosi.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 jenis keterampilan yang perlu dibekali pada anak. Semoga bermanfaat!