<p>Kacamata Gerhana Daur Ulang</p>
Nasional & Dunia

5 Juta Kacamata Gerhana Daur Ulang Dibagikan Gratis di Peru dan Argentina

  • Astronomers membagikan sedikitnya 5 juta kacamata daur ulang secara gratis kepada sebagian warga peru dan argentina untuk melihat gerhana 2 Juli 2019.

Nasional & Dunia
Adhitya Noviardi

Adhitya Noviardi

Author

Menjelang gerhana matahari total pada 2 Juli 2019, kelompok nirlaba Astronomers membagikan kacamata gerhana daur ulang gratis kepada warga Peru dan Argentina.

Pembagian kacamata secara gratis ini mengikuti aksi Great American Eclipse pada 21 Agustus 2017. Dimana organisasi ini mengumpulkan kacamata gerhana matahari “yang digunakan dengan lembut” para pengamat langit di seluruh Amerika Serikat sebelumnya. Kemudian mendistribusikannya ke sekolah, perpustakaan, museum, dan lembaga lainnya di jalur gerhana 2 Juli.

Sebagai hasil dari kampanye itu, Astronomers Without Borders menerima sekitar 5 juta pasang kacamata gerhana yang aman untuk digunakan kembali. Lebih dari 40.000 di antaranya telah dikirim ke Chili dan Argentina, yang berada di jalur totalitas, serta Peru.

Pasangan yang tersisa dari kacamata gerhana matahari akan didistribusikan di seluruh Asia untuk gerhana matahari annular yang datang pada 26 Desember 2019. Astronomers juga berencana untuk mendistribusikan lebih banyak kacamata gerhana di Amerika Selatan untuk gerhana annular yang akan terjadi sekitar 14 Desember 2020.

Meskipun kacamata gerhana relatif murah, kacamata ini bisa sulit didapat jika Anda tidak membelinya dengan segera. Bahkan, kacamata gerhana palsu sering muncul menggantikan alat ini di pasaran. Untuk memastikan bahwa kacamata gerhana bekas ini aman, Astronomers memferifikasi bahwa kacamata yang disumbangkan memiliki sertifikasi ISO dan bebas dari goresan, lubang, atau kerusakan lainnya.