Ilustrasi komunikasi di kantor
Gaya Hidup

5 Kalimat yang Tidak Boleh diucapkan di Tempat Kerja, Gantilah dengan Ini

  • Ada masa-masa di mana Anda merasa stres dan kewalahan saat di tempat kerja, hal ini mungkin membuat Anda tidak mampu mengontrol ucapan Anda
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Ada masa-masa di mana Anda merasa stres dan kewalahan saat di tempat kerja, hal ini mungkin membuat Anda tidak mampu mengontrol ucapan Anda dan mengatakan sesuatu yang sebaiknya tidak diucapkan seperti berkata terlalu kasar, atau terlalu kritis, hingga menyela pembicaraan orang lain.

Memang tidak salah untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran Anda, namun ada cara yang lebih sopan dan efektif.

Dilansir dari headwaycapital, berikut adalah 5 kalimat yang tidak boleh diucapkan di tempat kerja, beserta dengan penggantinya:

1. Itu bukan masalah Saya

Ketika kita sudah melakukan banyak hal lalu ada kesalahan yang bukan disebabkan oleh kita. Mudah untuk mengabaikannya karena ini memang bukan masalah Anda. Namun, sayangnya hal ini membuat Anda berpotensi dicap sebagai pekerja yang tampil mandiri dan bukan pemain tim yang baik.

Coba ganti dengan kalimat "Saya merekomendasikan Anda untuk membahas ini dengan (nama orang lain)".

2. Tapi kita selalu melakukan dengan cara ini

Seseorang mungkin takut akan perubahan. Namun mengatakan hal ini tidak selalu sebagai alasan yang tepat. Alih-alih, Anda berpotensi akan dicap sebagai seseorang yang tidak fleksibel.

Coba ganti dengan kalimat "Itu cara yang berbeda, bisa tolong dijelaskan mengapa cara ini lebih baik?"

3. Tidak ada yang bisa Saya lakukan

Terkadang memang ada kejadian yang membuat kita merasa tidak ada yang bisa kita lakukan. Terutama ketika kita sudah terlalu lelah mencoba beragam cara dan tetap tidak berhasil. Namun, memiliki pemikiran 'bisa dilakukan' akan membawa karier Anda lebih jauh daripada cepat menyerah.

Coba ganti dengan kalimat: Saya sedikit buntu, bisa tolong carikan pilihan lain yang bisa Saya lakukan?

4. Saya sudah melakukan yang terbaik

Sejak di bangku sekolah, kita selalu diajarkan untuk menjadi yang terbaik dan melakukan yang terbaik sebisa kita. Namun, ketika yang terbaik dari kita tetap tidak cukup, gunakan ini sebagai pembelajaran yang dapat kita petik.

Coba ganti dengan kalimat: Apa yang bisa Saya lakukan agar hasilnya lebih baik kedepannya?

5. Kamu salah

Anda mungkin reflek mengatakan ini sebelum akhirnya menyadari bahwa Anda telah berbicara tanpa memperhatikan etika dan mungkin menyinggung beberapa orang. Cobalah pendekatan yang lebih diplomatik.

Coba ganti dengan kalimat: Saya tidak setuju, alasannya adalah... bagaimana pendapat Anda?