Laptop
Tekno

5 Kesalahan Fatal yang Membuat Anda Jadi Sasaran Empuk Para Hacker

  • Inilah beberapa kesalahan fatal yang dapat membuat Anda jadi rentan dieksploitasi para hacker atau peretas.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak dipungkiri dengan adanya internet ternyata membantu aktivitas kita sehari-hari. Namun seringkali kita lupa untuk mengetahui bagaimana cara melindungi diri ketika menggunakan internet yang membuat kita jadi rawan terkena peretasan para hacker.

Tentu kita semua tidak ingin menjadi korban dari kasus peretasan. Akan tetapi, kita terkadang tanpa sadar melakukan beberapa kesalahan fatal yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya hal tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk lebih mengetahui beberapa kesalahan tersebut, seperti yang dijelaskan berikut ini.

5 Kesalahan yang Membuat Anda Jadi Sasaran Peretas

5 Kesalahan yang Membuat Anda Jadi Sasaran Peretas

Berikut adalah 5 kesalahan fatal yang dapat membuat Anda jadi sasaran empuk dari para peretas.

1. Menggunakan Wi-Fi Publik

Anda tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengakses Wi-Fi publik yang gratis, seperti ketika Anda mengunjungi sebuah kafe. Akan tetapi, meski layanan tersebut gratis, Anda juga perlu mengetahui bawah Wi-Fi publik tidak terlalu aman dan dapat dengan mudah dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya itu, peretas juga bisa membuat jaringan Wi-Fi sendiri yang diberi nama agar tampak seperti jaringan gratis resmi. Ketika Anda terhubung, mungkin Anda akan mengira Wi-Fi tersebut tidak berbahaya, tapi ternyata hacker mengetahui semua informasi yang Anda masukkan saat terhubung.

2. Jarang Memeriksa Perangkat

Sebagian besar masyarakat menjalani kehidupan yang sibuk dan serba cepat, jadi tidak mengherankan jika banyak yang ingin menunda hal-hal tertentu termasuk pemindaian perangkat menggunakan antivirus. 

Anda mungkin berpikir bahwa menghindari pemindaian antivirus manual tidak akan membahayakan Anda, tetapi program antivirus perlu memindai perangkat Anda dari file berbahaya agar Anda tetap terlindungi. Padahal, tanpa pemindaian menggunakan antivirus, malware dapat masuk ke perangkat Anda tanpa Anda sadari.

3. Menggunakan Program VPN atau Antivirus Gratis

Kita semua tentu menyukai hal-hal yang gratis, termasuk program antivirus dan VPN. Namun, khusus untuk antivirus dan VPN sebaiknya Anda tidak menggunakan yang gratis.

VPN gratis mungkin tidak akan memberikan layanan yang maksimal untuk melindungi Anda, seperti dengan memberikan iklan pada layanannya. Jika iklan ini merupakan bagian dari program adware, Anda justru akan lebih berisiko menyebarkan informasi pribadi Anda yang berharga.

4. Menggunakan Software Lama

Seperti halnya memindai virus di perangkat, banyak orang yang tidak suka untuk memperbarui software atau perangkat lunak karena memakan waktu. Akan tetapi, Anda perlu mengerti bahwa kebiasaan tersebut justru akan membuat Anda jadi lebih rentan dieksploitasi oleh peretas.

5. Membuka Link Tidak Dikenal

Perlu Anda ketahui, malware dapat menyebar melalui tautan atau link dan lampiran. Link tersebut bisa disebarkan melalui email, DM media sosial, dan sebagainya.

Tautan tersebut dapat mengarah ke situs web phishing yang dirancang untuk mencuri data apapun yang Anda masukkan.

Itu tadi beberapa kesalahan fatal yang dapat membuat Anda jadi rentan dieksploitasi para hacker atau peretas.