thomas-bormans
Gaya Hidup

5 Kesalahan Saat Membuat To-Do List, dan Cara Memperbaikinya

  • Karena, alih-alih memudahkan salah membuat to-do list malah membuat pekerjaan Anda tak kunjung selesai, dan Anda mulai menyalahkan diri Anda karena tidak banyak daftar to-do list yang berhasil dicoret.

Gaya Hidup

Rumpi Rahayu

JAKARTA - To-do list adalah daftar tugas atau hal yang ingin dikerjakan agar dapat selesai dalam waktu tertentu.

Beragam manfaat membuat to-do list di antaranya adalah membuat tugas lebih mudah untuk dikelola dan dikerjakan.

Namun, jangan sampai Anda melakukan kesalahan saat membuat to-do list. Karena, alih-alih memudahkan salah membuat to-do list malah membuat pekerjaan Anda tak kunjung selesai, dan Anda mulai menyalahkan diri Anda karena tidak banyak daftar to-do list yang berhasil dicoret.

Berikut adalah 5 kesalahan umum saat membuat to-do list:

1. Tidak ditulis

Pikiran Anda diciptakan untuk berpikir bukan mengingat-ingat. Tuliskan semua tugas yang perlu Anda selesaikan.

2. Tidak fokus

Fokuslah pada satu tugas utama setiap hari. Lakukan yang paling urgent dan paling penting. Singkirkan semua benda yang mungkin akan mengganggu Anda seperti ponsel dan makanan ringan.

3. Terlalu umum

Pastikan daftar tugas Anda relevan dengan tujuan Anda. Buat sespesifik mungkin. Anda tentu tidak mau kebingungan hendak melakukan apa karena terlalu besar cakupan tugas di to-do list Anda.

4. Tidak menggunakan time blocking

Atur waktu untuk mengerjakan setiap tugas. Pastikan untuk fokus pada satu tugas di setiap waktu. Tidak menggunakan time blocking hanya Anda membuat Anda sibuk multitasking berpindah-pindah dari satu tugas ke tugas yang lain dan menjadi tidak fokus.

5. Tidak ada waktu istirahat

Untuk menghindari burnout dan menjaga agar tetap fokus, luangkan waktu istirahat untuk diri Anda. Buatlah catatan yang berisi seberapa lama Anda sebaiknya beristirahat dan seberapa berkualitas istirahat yang bisa Anda manfaatkan.