Praktis! Ini Cara Kirim Pesan dan Telepon di WhatsApp Tanpa Menyentuh Ponsel Sama Sekali
Tekno

5 Kesalahan Umum Menggunakan Aplikasi Kencan Online yang Harus Dihindari

  • Inilah beberapa kesalahan menggunakan aplikasi kencan online yang harus Anda hindari.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat ini sudah banyak aplikasi kencan online yang tersedia yang dapat membantu Anda mencari teman atau pasangan. Bahkan sekarang orang-orang juga tidak malu atau tertutup lagi dalam menggunakan aplikasi kencan online tersebut.

Akan tetapi, ternyata ada kesalahan umum yang kerap dilakukan oleh pengguna aplikasi kencan online tersebut. Untuk menghindari bahaya atau risiko yang ditimbulkan aplikasi kencan online, lebih baik Anda mencoba menghindari beberapa kesalahan umum berikut ini.

Kesalahan Umum Saat Menggunakan Aplikasi Kencan Online

1. Terlalu Banyak Berbagi Informasi Pribadi

Aplikasi kencan online mungkin memang tidak menampilkan mutual friends seperti media sosial pada umumnya. Akan tetapi, Anda masih bisa menautkan profil media sosial tersebut ke aplikasi kencan online.

Hal ini sebaiknya dihindari karena tidak aman bagi Anda untuk membagikan terlalu banyak informasi pribadi kepada orang asing. Informasi dari media sosial tersebut bahkan bisa digunakan untuk menguntit Anda.

2. Berbohong di Aplikasi Kencan Online

Anda memang tidak diperbolehkan untuk mengumbar informasi pribadi di aplikasi kencan online. Akan tetapi, bukan berarti Anda membagikan informasi palsu di aplikasi tersebut.

Hal ini karena jika Anda menggunakan nama palsu, Anda justru dapat menimbulkan kesan sedang melakukan modus penipuan catfishing atau peniruan identitas. 

3. Tidak Memeriksa Usia yang Match dengan Anda

Aplikasi kencan online pada umumnya memiliki batasan usia, seperti Tinder yang hanya terbatas bagi pengguna berusia 18 tahun atau lebih. Aplikasi tersebut memang mencoba mencegah pengguna di bawah umur untuk mengakses layanan tersebut, tapi hal ini bisa selalu dilanggar banyak orang.

Selain itu, seseorang juga dapat menyembunyikan usia mereka sebenarnya di aplikasi tersebut. Hal ini bisa jadi berbahaya atau membawa risiko tersendiri jika Anda nekat bertemu dengannya di kehidupan nyata.

4. Salah Memilih Foto Profil 

Seperti halnya saat melamar kerja, Anda juga perlu menggunakan foto profil terbaik di aplikasi kencan online. Foto profil yang baik akan membuat orang lain jadi terkesan. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan foto profil di mana foto tersebut ada teman-teman atau saudara Anda. 

5. Terjebak pada Profil Palsu

Aplikasi kencan online tampaknya menjadi tempat yang bagus untuk menemukan pasangan romantis. Akan tetapi, tidak jarang pengguna menemukan profil yang palsu. Profil palsu ini sering dimanfaatkan oleh bot dan orang yang melakukan penipuan seperti catfishing di Tinder.

Itu tadi beberapa kesalahan menggunakan aplikasi kencan online yang harus Anda hindari.