Photo by Maksim Goncharenok: https://www.pexels.com/photo/woman-at-a-flower-field-4348589/
Gaya Hidup

5 Kunci Bahagia Dengan Memanfaatkan Panca Indra

  • Mengutip penelitian dari Grechet Rubin, penulis buku “Hidup dalam Panca Indra,” Ada beberapa cara yang mengejutkan bahwa panca indra kita dapat membantu Anda untuk fokus lebih dalam, hidup lebih lama, serta memicu kebahagiaan.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Menjadi bahagia dalam kehidpan sehari-hari merupakan tujuan utama dari setiap manusia. Merasakan energi positif dengan aliran rasa bahagia membuat Anda akan merasa ringan dalam melakukan banyak hal.

Merasa bahagia dari dalam diri juga menjadikan Anda sosok manusia yang lebih positif sehingga membawa kebahagiaan lainnya bagi orang-orang dan makhluk di sekitar Anda.

Mengutip penelitian dari Grechet Rubin, penulis buku “Hidup dalam Panca Indra,” ada beberapa cara yang mengejutkan bahwa panca indra kita dapat membantu Anda untuk fokus lebih dalam, hidup lebih lama, serta memicu kebahagiaan.

Lebih rinci, berikut ulasannya:

1. Indra penciuman buat Anda lebih ceria

Saat Anda membutuhkan dopping kebahagiaan yang cepat, Anda dapat menikmati aroma tertentu. Sebagai contoh, Anda bisa menghirup handuk bersih di rumah.

Aroma bisa menjadi doping yang tepat karena Anda tidak dapat menandainya, memundurkannya, menimbunnya, atau menyimpannya untuk nanti. Itu mengikat Anda pada saat ini dan pada saat yang sama dapat membawa Anda ke masa lalu Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan aroma yang membangkitkan kenangan indah Anda seperti mencium wangi eucaliptus, lavender, atau wangi pantai.

Dengan mencium aroma yang membangkitkan kenangan baik, Anda tentunya akan merasa bahagia pada saat itu.

2. Indra peraba buat Anda mengurangi stres

Memainkan benda seperti pop it, fidget spinner, dan adonan terapi dapat membantu Anda merasa lebih tenang.

Bagi banyak orang, memainkan mainan sensorik bisa membuat nyaman dan tenang. Beberapa mainan sensorik bahkan memberi sensasi lembut dan hangat.

Mengurangi stres dengan indra peraba tak hanya dilakukan dengan mainan. Sebagai contoh, saat anda stres karena gugup, Anda bisa memainkan pulpen Anda untuk mengurangi rasa stress.

3. Indra suara buat Anda makin produktif

Semakin Anda dapat mengendalikan lingkungan, maka semakin Anda tak akan terganggu dengan suara yang tak ingin Anda dengar.

Beberapa orang mungkin terganggu dengan suara-suara yang dihasilkan oleh seseorang. Karenanya, Anda harus mengontrol suara yang ingin Anda dengarkan.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan earset saat mendengarkan musik yang anda inginkan sembari bekerja. Dengan demikian, suara yang menganggu akan lebih berkurang sehingga akan membuat Anda lebih produktif.

4. Indra penglihatan buat Anda semakin kreatif

Saat Anda membutuhkan inspirasi, cobalah temukan detail kecil. Selama jalan-jalan sehari-hari, alih-alih tenggelam dalam pikiran, Anda bisa memberi diri sendiri tugas seperti mencari warna ungu, atau di pohon, atau di topi.

Anda juga dapat mempelajari bahan bangunan apartemen yang berbeda. Sebagai contoh, salah satu bangunan terbuat dari bata merah-coklat tua, yang berikutnya dari bata putih, yang berikutnya dari lempengan batu halus kekuningan.

Semakin Anda melihat, semakin kuat kebiasaan itu tumbuh. Anda akan menemukan lebih banyak keindahan yang mengejutkan dalam setiap hal yang Anda lihat. Dengan begitu, Anda juga menemukan lebih banyak imajinasi.

5. Indra perasa buat Anda lebih dekat dengan orang

Menikmati makanan dan rasa yang unik bersama orang lain adalah salah satu kebiasaan manusia yang paling kuno dan universal.

Untuk lebih terhubung dengan orang-orang, cobalah mulai berbagi rasa dengan orang sekitar Anda.

"Bersama-sama, teman-teman saya dan saya menilai varietas apel, cokelat, dan keripik. Kami mencicipi kecap untuk mendeteksi lima rasa dasar yaitu manis, asam, asin, pahit, dan umami. Kami mengenang permen yang kami makan saat kecil," ujar Rubin.

"Itu sangat menyenangkan. Kami tidak hanya bersosialisasi, kami berbagi pengalaman indrawi, dan itu membuat kami semua tertawa. Percakapan kami terasa luar biasa hangat dan intim," tambahnya.