5 Kunci Jadi Influencer yang Sukses, Ini Caranya!
Gaya Hidup

5 Kunci Jadi Influencer Sukses Agar Makin Cuan, Ini Caranya!

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menjadi influencer yang sukses sehingga Anda dapat semakin cuan. Selamat mencoba!

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Mencari uang tampaknya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu profesi yang kini sedang diminati adalah dengan menjadi social media influencer.

Menjadi seorang social media influencer tampaknya menjadi impian banyak orang. Hal ini karena banyak yang ingin bekerja secara fleksibel tapi mampu memperoleh bayaran yang fantastis.

Jika Anda juga ingin menjadi social media influencer yang sukses, Anda tentu harus memperhatikan soal strateginya. Oleh karena itu, simak beberapa cara berikut ini.

Cara Menjadi Influencer yang Sukses

Cara Menjadi Influencer yang Sukses

1. Temukan Niche Anda

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh influencer adalah menjadi jack-of-all-trade, atau ingin membuat semua jenis konten tanpa menguasai apapun. Anda mungkin memiliki banyak minat dan keahlian yang beragam, tapi Anda harus membidik salah satu tema yang paling Anda ketahui lalu jadikannya sebagai niche di media sosial Anda.

2. Fokus pada Satu atau Dua Bentuk Media Sosial

Ada sejumlah platform media sosial yang tersedia untuk Anda. Namun, niche Anda di media sosial tentu tidak akan memiliki performa yang sama untuk setiap platform.

Biasanya, konten yang lucu lebih populer di Twitter. Sedangkan topik yang berorientasi visual seperti fasion dan karya seni lebih disukai di Instagram. TikTok seringkali merupakan kombinasi dari berbagai konten yang ada di media sosial.

Oleh karena itu, daripada mencoba memposting konten yang mirip di setiap platform media sosial, pilihlah satu atau dua platform saja lalu fokus untuk membangun pengikut dari sana.

3. Perbaiki Kualitas dan Tetap Konsisten

Ada ribuan influencer di setiap niche yang populer. Masing-masing influencer ini bersaing memperoleh perhatian pengguna.

Oleh karena itu, konten yang Anda hasilkan harus unik, dibuat dengan cermat, dan yang terpenting harus konsisten memposting suatu konten.

Anda harus posting konten secara teratur agar pengikut Anda tetap engage dengan konten Anda. Meski begitu, pastikan konten yang Anda bagikan tetap berkualitas. Misalnya, Anda membatasi mengunggah konten satu kali dalam seminggu saja, tapi tetap rutin dan konsisten.

4. Bekerja Sama dengan Influencer Lain

Menjadi influencer tampaknya merupakan suatu permainan sosial dan Anda sama sekali tidak bisa memenangkannya sendirian. Setiap influencer yang cerdas pasti memahami pentingnya jaringan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk terhubung dengan influencer lain.

Anda bisa mencoba mengomentari dan menyukai postingan yang influencer lainnya buat. Selain itu, jangan ragu untuk subscribe atau follow media sosial mereka dan bahkan bagikan karya mereka jika Anda juga memiliki pikiran yang sama dengannya.

5. Pertahankan Momentum

Menjaga momentum seringkali membuat banyak orang termasuk para influencer kewalahan. Hal ini karena dengan selalu update terhadap isu terkini akan membuat para followers tetap engage dengan konten Anda.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengawasi tren terkini yang berkaitan dengan niche Anda secara teratur. Lakukan brainstorming ide untuk membuat konten baru yang terkait dengan niche Anda.

Anda juga bisa meminta followers untuk memberi masukan ide tambahan ke channel Anda. Cari tahu bagian apa dari channel Anda yang menarik bagi mereka, lalu perluas tema tersebut.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menjadi influencer yang sukses sehingga Anda dapat semakin cuan. Selamat mencoba!