Ilustrasi pertemanan teman persahabatan sahabat toxic friendship
Gaya Hidup

5 Langkah yang Perlu Dilakukan Agar Orang Berhenti Memanfaatkan Anda

  • JAKARTA - Apakah Anda terbiasa hidup menjadi people pleaser dan menyenangkan orang lain tanpa benar-benar memperdulikan diri Anda sendiri? Jika iya, apakah pola

Gaya Hidup

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Apakah Anda terbiasa hidup menjadi people pleaser dan menyenangkan orang lain tanpa benar-benar memperdulikan diri Anda sendiri? Jika iya, apakah pola ini bisa membuat Anda merasa bahagia? Tentu saja jawabannya tidak.

Melakukan beragam hal untuk menyenangkan orang lain dan mengabaikan kebutuhan Anda sendiri membuat Anda dengan mudahnya dimanipulasi dan dimanfaatkan oleh orang lain. Dampaknya tentu tidak baik untuk kesehatan mental Anda. Anda mungkin akan merasa stres, cemas, bahkan depresi.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghentikan ini? Berikut ini Tren Asia mengutip dari laman website resmi Inc pada Selasa, 13 Juni 2023 mengenai langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

5 Langkah Agar Anda Tak Lagi Dimanfaatkan

1. Nilai Situasi Anda dengan Jujur

Lakukan penilaian diri yang jujur terhadap situasi yang membuat Anda merasa terancam, rendah diri, dan terintimidasi. Apa yang sebenarnya terjadi? mengapa Anda merasa seperti ini?

Analisa pikiran Anda dengan hati-hati dan telusuri hingga Anda maencapai akar masalahnya. Tuliskan hasilnya dalam sebuah daftar dan pastikan untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada di daftar tersebut.

2. Hentikan Drama di Kepala Anda

Sadarilah siapa Anda dan mengapa Anda berharga sehingga orang lain harus menghargai Anda. Bebaskan diri Anda dari pendapat-pendapat negatif yang bisa saja dikatakan oleh rekan kerja, atasan, teman, atau bahkan diri Anda sendiri.

Hilangkan semua suara-suara negatif yang telah lama berputar di kepala Anda selama bertahun-tahun tersebut. Saatnya melihat realita yang sesungguhnya.

3. Miliki Boundaries yang Sehat

Ingatkan pada diri Anda bahwa tidak apa-apa untuk mengatakan "Tidak" kepada siapa pun jika itu mengganggu tujuan, hasrat, keyakinan, dan jadwal Anda.

Terus menerus mengiyakan permintaan orang lain hanya akan membuat Anda frustasi.

4. Berhenti Merasa Bersalah

Berhenti merasa bersalah untuk hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan Anda. Pahami bahwa Anda tidak bertanggung jawab atas tindakan orang lain. Jadi, menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang dilakukan orang lain hanya akan menjauhkan Anda pada ketenangan dan kebahagiaan yang Anda cari.

5. Bentuk Circle Pertemanan yang Dapat Diandalkan

Mungkin sekarang sudah saatnya bagi Anda untuk mengevaluasi ulang persahabatan Anda. Pilih dan seleksi teman yang benar-benar mendukung dan menyemangati Anda untuk Anda jadikan sebagai circle pertemanan. Circle ini biasanya berisi tiga hingga empat teman.

Langkah untuk membentuk circle pertemanan yang suportif ini adalah dengan membuat jaringan, menjangkau orang lain, mencari komunitas, dan membangun hubungan baru dengan sengaja.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 langkah yang perlu Anda lakukan agar orang berhenti memanfaatkan Anda. Semoga bermanfaat!