Makanan Indonesia yang Kelezatannya Diakui Dunia
Destinasi & Kuliner

5 Makanan Indonesia yang Kelezatannya Diakui Dunia

  • Makanan Indonesia memiliki cita rasa yang nikmat dengan rempah yang melimpah ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja, lho.
Destinasi & Kuliner
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Makanan Indonesia memiliki cita rasa yang nikmat dengan rempah yang melimpah ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja, lho. Faktanya, sejumlah makanan Indonesia juga diakui kelezatannya oleh masyarakat luar negeri. Bahkan ada yang dinobatkan sebagai makanan terenak dunia.

Tak heran, banyak orang Indonesia yang merindukan makanan Nusantara ketika menempuh studi atau bekerja dan menetap di luar negeri dalam waktu yang lama. Penasaran apa saja makanan yang kelezatannya sudah diakui dunia?

Simak pembahasan berikut ini.

Rendang

Foto: Rendang/Masak Apa Hari Ini?

Makanan Indonesia berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat ini merupakan salah satu makanan terlezat dunia. Orang minang biasa menyebut rendang dengan sebutan randang yang berasal dari kata “marandang” yang artinya memasak santan secara perlahan hingga kering.

Rendang memiliki cita rasa yang gurih, asin dan sedikit pedas dengan tekstur daging yang empuk. Makanan ini dimasak sekitar empat jam dengan ditambahkan banyak bumbu dan rempah di dalamnya. Tak heran, cita rasa dari bumbu dan rempah tersebut meresap hingga ke bagian terdalam daging. 

Rawon

Foto: Rawon/Tokopedia

Rawon merupakan sajian makanan khas Jawa Timur yang berisi potongan daging sapi dalam kuah coklat kehitaman yang lezat. Beberapa waktu yang lalu, kelezatan rawon berada di puncak teratas mengungguli ramen khas Jepang sebagai sup terenak dunia yang dirilis oleh Taste Atlas pada Juli 2023. 

Sebelum dikenal oleh masyarakat secara luas, awalnya rawon merupakan salah satu sajian favorit kalangan bangsawan Surabaya. Biasanya makanan ini disajian bersama nasi putih, telur asin, sambal, kecambah, dan kerupuk udang.

Nasi Goreng

Foto: Nasi Goreng/Endeus TV

Nasi goreng memiliki cita rasa yang gurih, asin dan sedikit manis. Karena proses pembuatannya yang mudah, maka masyarakat Indonesia bisa memasaknya sendiri di rumah. Meski demikian, nasi goreng banyak digemari oleh orang luar negeri karena mereka merasa cita rasa nasi goreng sangat bisa diterima oleh lidahnya.

Mereka juga menganggap sayuran seperti tomat, timun, dan sawi sangat cocok dipadukan dengan nasi goreng. Ditambah, terdapat telur mata sapi yang melengkapi nilai protein dari nasi goreng.

Sate

Foto: Sate kambing/Resep Koki

Sate merupakan makanan khas Indonesia yang diakui kelezatannya oleh masayarakat luar negeri, termasuk mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Meski sudah menetap di AS, ternyata Barack Obama masih menyukai sate lho.

Pengolahan sate di Indonesia beragam, bergantung dengan jenis daging yang digunakan. Namun, pada umumnya olahan daging ini dimasak dengan menusukkan daging ke lidi, kemudian dilaburi dengan bumbu lalu dibakar hingga matang. Setelah itu, sate bisa langsung disantap dengan cara dicocol bumbu kacang atau sambal kecap.

Bakso

Foto: Bakso/Endeus TV

Bakso sebenarnya berasal dari daratan Cina, namun racikan bakso khas Indonesia dengan sajikan kuah bening dari kaldu sapi semakin populer dan mendunia. Terlebih, saat ini sudah banyak bermunculan berbagai macam varian bakso yang memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Selain kuahnya yang gurih dan asin, ketika menyantap bakso pasti lebih sedap ketika ditambah dengan sambal, saus maupun sedikit cuka dan sedikit taburan bawang goreng yang gurih.

Itulah lima makanan Indonesia yang kelezatannya sudah tidak diragukan lagi, bahakan oleh masyarakat dunia. Dari kelima makanan di atas, adakah makanan favorit Anda?