Healthy Food
Gaya Hidup

5 Makanan Ini Sangat Baik Untuk Bantu Pertumbuhan Bakteri Baik di Usus Anda!

  • Di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung seperti sekarang ini apakah anda selalu memperhatikan kondisi kesehatan tubuh anda terutama usus?
Gaya Hidup
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA – Di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung seperti sekarang ini apakah Anda selalu memerhatikan kondisi kesehatan tubuh, terutama usus?
Kesehatan usus itu sangat penting untuk mendukung kondisi tubuh yang baik dan prima. 

Salah satunya dengan menjaga dan memelihara bakteri baik di dalam usus. Agar ekosistem usus dipenuhi bakteri-bakteri baik (probiotik), Anda harus menyediakan makanan untuk bakteri baik dalam usus. 

Nah, makanan untuk bakteri baik itu kita sebut sebagai prebiotik. Asupan makanan apa sih yang bisa berfungsi sebagai prebiotik bagi bakteri-bakteri baik di usus kita? Dikutip dari Healthline.com, mari simak 5 jenis makanan yang bisa membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus kita.
1. Asparagus
Asparagus bekerja sebagai prebiotik dan mengandung serat inulin yang tidak dapat dicerna, yang memberi makan bakteri sehat seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli. Asparagus juga memiliki vitamin B tingkat tinggi dan antioksidan penangkal peradangan.
2. Nanas
Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang berfungsi sebagai alat bantu pencernaan, membantu memecah protein dari molekul makanan besar menjadi peptida yang lebih kecil. 

Penelitian menunjukkan bahwa bromelain melawan rasa sakit dan peradangan di seluruh tubuh (terutama jaringan sinus) dan mengurangi sekresi sitokin pro-inflamasi yang dapat merusak lapisan usus.
3. Bawang putih
Bawang putih mentah adalah makanan prebiotik yang sangat baik dengan tingkat inulin tinggi, yang menjadi bahan bakar bakteri baik di usus. 

Bawang putih mengandung banyak nutrisi, termasuk mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, dan banyak senyawa aktif, seperti allicin. Allicin adalah zat pelawan penyakit yang kuat yang dibuat setelah bawang putih dihancurkan atau dipotong.

4. Kimchi
Proses fermentasi sayuran yang digunakan untuk membuat kimchi tidak hanya meningkatkan rasanya, tetapi juga menghasilkan kultur probiotik hidup dan aktif yang meningkatkan kesehatan usus.
Lauk Korea ini memberikan serat dan antioksidan kuat dalam jumlah besar, dan secara alami mendetoksifikasi tubuh.

5. Jahe
Jahe membantu menenangkan dan merilekskan perut, meredakan mual, dan meringankan penyakit usus. Tidak hanya menyediakan sumber alami vitamin C, magnesium, kalium, tembaga, dan mangan, jahe juga membantu pencernaan dan membantu mencegah kembung.