tahu aci tegal.png
Destinasi & Kuliner

5 Makanan Khas Tegal yang Lezat dan Bikin Nagih, Cobain Yuk!

  • Tak hanya terkenal dengan Warteg (Warung Tegal), Tegal memiliki segudang makanan khas yang memiliki cita rasa lezat dan patut dicoba.

Destinasi & Kuliner

Rizanatul Fitri

JAKARTA – Tegal merupakan salah satu kawasan di Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Tak hanya terkenal dengan Warteg (Warung Tegal), Tegal memiliki segudang makanan khas yang memiliki cita rasa lezat dan patut dicoba.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini, berikut tujuh makanan khas Tegal yang wajib kamu coba!

Tahu Aci

Tahu aci tegal (Foto: Disporapar Kabupaten Tegal)

Seperti namanya, makanan khas satu ini dibuat dengan perpaduan tahu kuning yang dipotong berbentuk segitiga dan diberi adonan aci atau tapioka di atasnya. 

Ketika menyantap makanan ini, Anda akan merasakan sensasi kenyal, gurih dan asin dalam setiap gigitannya. Tak heran, masyarakat setempat biasa menyantapnya untuk teman minum kopi atau teh.

Seperti gorengan pada umumnya, tahu aci dapat Anda temukan dengan mudah di pinggir jalan. 

Olos

Olos khas Tegal (Foto: Shopee)

Olos memiliki bentuk bulat dengan isian sayuran berupa kol dan cabai rawit. Memiliki tampilan layaknya cimol, olos terbuat dari campuran tepung tapioka dan tepung terigu.

Meski umumnya olos berisi sayur-sayuran, kini Anda bisa menikmati olos dengan berbagai varian isi seperti ayam suwir, bakso, keju hingga sosis. Ada sensasi kenyal saat digigit dan krenyes di luar saat menyantap makanan bulat ini.

Beberapa penjual olos juga terkadang mencampur olos dengan berbagai varian rasa seperti pedas, jagung bakar, keju hingga asin.

Untuk olos berisi sayur-sayuran umumnya dijual bersama dengan tahu aci dan tempe goreng. Tapi untuk olos dengan isian yang beragam, biasanya penjual hanya menjual olos saja.

Soto Tauco

Soto tauco (Foto: Tokopedia)

Jika umumnya soto memiliki kuah santan atau kuah bening, soto khas Tegal menawarkan rasa yang unik karena terdapat tambahan tauco di dalamnya.

Satu mangkuk soto tauco Tegal berisi ayam suwir atau babat, kecambah, daun bawang dan bawang goreng, serta bumbu tauco.

Dalam satu meja, umumnya penjual akan menyediakan kecap dan sambal serta bumbu tauco. Ketika semua isian yang ada di mangkuk diaduk dengan merata, dalam satu kali icip Anda akan merasakan sensasi yang unik yaitu perpaduan gurih, asam, manis dan asin.

Untuk mencicipi soto tauco ini, Anda bisa mengunjungi warung terkenal di Tegal bernama soto Sedap Malam.

Sate Kambing Muda

Sate batibul khas Tegal (Foto: GrabFood)

Sate kambing di Tegal memiliki perbedaan dengan sate pada umumnya. Sate satu ini memiliki tekstur yang empuk karena kambing yang dipilih adalah kambing muda dengan usia di bawah lima bulan bahkan tiga bulan.

Untuk sate dengan kambing usia di bawah lima bulan biasanya disebut sate balibul, sedangkan di bawah tiga bulan disebut sate batibul.  Sate kambing ini biasanya dipadukan dengan sambal kecap yang berisi potongan bawang merah, tomat, sambal dan kecap.

Dalam satu gigitan, kamu akan merasakan lembutnya daging, lemak daging yang khas dan sambal kecap yang segar berpadu dalam mulut.

Sate kambing muda khas Tegal memiliki bau yang harum. Jadi, kamu bisa dengan mudah menemukan penjual sate dari aroma pembakarannya.

Kupat Blengong

Kupat blengong (Foto: Twitter)

Selain sate kambing muda, Tegal juga punya sate blengong. Makanan satu ini menggunakan daging hewan hasil persilangan bebek dan mentok dan dinamakan blengong.

Tidak seperti sate kambing muda yang empuk, sate satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan bisanya dipadukan dengan bumbu oles pedas.

Biasanya sate ini djual dengan ketupat sayur atau orang Tegal bisanya menyebutnya dengan ‘kupat’. Jika Anda ingin menikmati kupat blengong, Anda akan disajikan ketupat dengan isian daging atau sate blengong.

Perpaduan ketupat yang kenyal dengan bumbu kuning yang harum serta sate blengong yang gurih, pedas, dan kenyal sangat pas kamu nikmati di cuaca yang terik maupun dingin.

Makanan khas Tegal ini banyak ditemukan di pinggir jalan terutama raya di Kota Tegal. Tertarik mencobanya?