Ilustrasi cokelat.
Gaya Hidup

5 Manfaat Cokelat Bagi Para Workaholic

  • Selain memanjakan lidah, cokelat ternyata punya beragam manfaat yang mendukung para workaholic dalam bekerja.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Cokelat tak hanya nikmat untuk dikonsumsi sebagai camilan atau bahan membuat minuman. Selain memanjakan lidah, cokelat ternyata punya beragam manfaat yang mendukung para workaholic dalam bekerja. 

Hal ini karena cokelat, terutama cokelat hitam, memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan kinerja otak hingga membangun emosi positif. Berikut ini sejumlah manfaat cokelat bagi para workaholic: 

1. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam mampu meningkatkan neuroplastisitas yang menunjang otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri. Dengan kata lain,  konsumsi cokelat dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah kondisi degeneratif seperti pikun dan penyakit Parkinson. 

2. Menambah daya ingat

Menumpuknya pekerjaan kadang membuat Anda ceroboh hingga lupa akan sesuatu. Konsumsi cokelat akan membantu Anda meningkatkan fokus dan daya ingat. Hal ini karena kandungan flavonoid dalam cokelat dapat memperlancar aliran darah ke otak. Kandungan kafein dalam cokelat juga akan membantu menjaga Anda tetap fokus dalam bekerja. 

3. Membangun suasana gembira

Jika sedang suntuk karena pekerjaan enggak kelar-kelar, cobalah mengonsumsi cokelat atau minum minuman cokelat. Selama ini cokelat, terutama cokelat hitam, terbukti mampu meningkatkan endorfin yakni zat yang menimbulkan rasa bahagia pada otak. 

4. Mengurangi stres

Konsumsi cokelat dapat membantu mengurangi stres karena pekerjaan. Menghindari stres di dunia kerja sangat penting agar terhindar dari penyakit berbahaya seperti stroke. Riset menyebutkan bahwa cokelat juga mampu menurunkan risiko stroke. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Atherosclerosis pada 2017 menemukan fakta bahwa perempuan yang makan cokelat 1,3 ons sehari memiliki risiko stroke lebih rendah daripada perempuan yang tidak makan cokelat. 

5. Menurunkan risiko dimensia

Pekerja tentu berpotensi kehilangan produktivitasnya apabila mengidap penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Dimensia. Flavonoid dalam cokelat diyakini dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Itu dia sederet manfaat cokelat bagi para workaholic. Jadi, tidak ada salahnya Anda menjadikan cokelat sebagai teman mengisi hari-hari kerja Anda.