3.jpg
Gaya Hidup

5 Masjid Bergaya Oriental Milik 'Bos Jalan Tol' Jusuf Hamka

  • Bos Jalan Tol Jusuf Hamka yang seorang mualaf bercita-cita membangun 1.000 masjid untuk umat islam.

Gaya Hidup

Liza Zahara

JAKARTA - Mohammad Jusuf Hamka atau dikenal sebagai Babah Alun merupakan salah satu konglomerat Indonesia keturunan Tionghoa.

Nama Babah Alun berasal dari nama aslinya yakni Josef Alun yang kemudian berganti menjadi Jusuf Hamka setelah dirinya memeluk islam di usia 23 tahun.

Pria kelahiran Samarinda, Desember 1957, ini memiliki cita-cita untuk membangun 1.000 masjid untuk umat islam. Hingga saat ini, ada tiga masjid bergaya oriental milik Jusuf Hamka yang sudah dibangun.

TrenAsia.com merangkum lima masjid bergaya oriental milik Konglomerat Jusuf Hamka. Kelima masjid tersebut dibangun dengan konsep yang sama yakni bergaya oriental yang membuat menarik banyak orang.

1. Masjid Babah Alun di Tanjung Priok

Masjid Babah Alun di Tanjung Priok/ Foto: Tangkapan layar

Bangunan Masjid Babah Alun ini berada di kolong Tol Layang Tanjung Priok, Jalan Warakas, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Masjid di Tol Tanjung Priok ini menjadi bangunan pertama yang didirikan di atas lahan seluas 300 meter persegi (m2) sebelum bangunan masjid lainnya yang direncanakan Jusuf Hamka.

Masjid ini selain digunakan sebagai tempat ibadah, digunakan juga sebagai pusat dakwah islam dan objek wisata religi di kasawasan Jakarta Utara.

2. Musala Babah Alun di Ancol

Masjid Babah ALun di kolong Tol Ir Wiyoto Wiyono/Foto: tangkapan layar

Pembangunan masjid kedua disusul Masjid Babah Alun yang berlokasi di kolong Tol Ir Wiyoto Wiyono, Jalan Pasir Putih, Ancol, Pademangan, Jakarta Pusat.

Hal yang menarik dari bangunan ini karena waktu peresmiannya bertepatan dengan Perayaan Hari Raya Imlek pada Februari 2019.

Nama musala ini yaitu Musala Babah Alun Artha Graha Peduli (AGP) yang dekat dengan pintu timur Taman Impian Jaya Ancol.

Musala Babah Alun AGP dibangun sejak 2018 di atas lahan seluas 300 m2 yang diberi warna dominan merah dan hijau sekaligus bergaya Tionghoa.

3. Masjid Babah Alun di Antasari

Masjid Babah Alun di Tol Depok-Antasari/ Foto: Tangkapan layar

Masjid bergaya Tionghoa milik Jusuf Hamka selanjutnya berada di Tol Depok-Atasari atau Tol Desari.

Masjid ini sudah diresmikan pada Agustus 2020 oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 450 m2 yang mampu menampung 200 jemaah.

Untuk membangun masjid ini, Jusuf Hamka sampai mengirimkan arsitek beserta 20 pekerja yang membangun masjid ini ke Xinjiang, China, untuk mendapatkan inspirasi terkait desain Masjid Babah Alun di Desari.

4. Masjid Babah Alun di Tol Sentul Selatan

Masjid Babah Alun yang keempat/Foto: Tangkapan layar

Selanjutnya, Masjid Babah Alun yang dibangun diurutan keempat berlokasi di samping utara Gerbang Tol (GT) Sentul Barat.

Masjid ini baru diresmikan pada 8 April 2021 oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto.

Nama resmi yang disematkan masjid ini ialah Tine Tang yang diambil dari nama orang tua Jusuf Hamka.

5. Masjid Babah Alun di Luar Jakarta

Masjid ini mulai direncanakan pembangunannya sejak 2021 yang bertempat di Pasir Koja, Bandung dan Sumedang, Jawa Barat.