Gaya Hidup

5 Miliarder Yang Tidak Pernah Lulus SMA

  • Ada banyak kisah cerita tentang orang yang tidak menyelesaikan kuliahnya kemudian menjadi miliarder, tetapi sedikit cerita tentang orang-orang super kaya yang bahkan tidak bisa menyelesaikan sekolah menengahnya. Pengusaha seperti Richard Branson dan rapper Jay-Z memiliki dua kesamaan. Keduanya adalah miliarder yang sangat sukses, dan keduanya tidak pernah lulus SMA.Tetapi mereka bukan satu-satunya miliarder yang tidak […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Ada banyak kisah cerita tentang orang yang tidak menyelesaikan kuliahnya kemudian menjadi miliarder, tetapi sedikit cerita tentang orang-orang super kaya yang bahkan tidak bisa menyelesaikan sekolah menengahnya.

Pengusaha seperti Richard Branson dan rapper Jay-Z memiliki dua kesamaan. Keduanya adalah miliarder yang sangat sukses, dan keduanya tidak pernah lulus SMA.Tetapi mereka bukan satu-satunya miliarder yang tidak pernah mengambil ijazah sekolah menengah.  Siapa yang lain? Mari kita lihat

Zhou Qunfei

Dia putus sekolah pada usia 16 tahun untuk kemudian bekerja di pabrik lensa arloji. Dia menabung hampir 20.000 dolar Hongkong (sekitar Rp35 juta) dan akhirnya membuka perusahaan lensa arlojinya yang dia jalankan sendiri bersama keluarganya.

Kini dia adalah CEO Lens Technology, yang memproduksi kaca untuk merek-merek seperti Apple, Samsung dan Tesla. Pada 2015, New York Times, perusahaan go public dan saham Zhou dalam bisnis itu bernilai US$ 7,2 miliar.

“Saya telah mengalami banyak kesulitan dan kemunduran sebagai pengusaha,” katanya dalam sebuah wawancara dengan CNBC Make It. “Tapi kunci kesuksesan adalah bertahan, terutama di masa-masa paling sulit.” Menurut Forbes kekayaannya saat ini bernilai sekitar US$ 6 miliar.

Amancio Ortega

Keluar dari sekolah pada usia 14 dan bekerja pada sebuah toko. Bertahun-tahun kemudian, Ortega mendirikan rantai ritel Zara di negara asalnya Spanyol. Perusahaannya berkembang secara global. Hari ini, dia adalah orang terkaya kedua di Eropa (di belakang hanya CEO LVMH Bernard Arnault), dengan kekayaan bersih yang mengejutkan sebesar US$ 70,4 miliar.

Francois Pinault

Pendiri grup mewah Kering ini, putus sekolah ketika dia berusia 11 tahun untuk bekerja di pabrik kayu milik ayahnya.

Menurut Forbes, Pinault keluar karena teman-temannya sering mengolok-olok latar belakangnya yang buruk. Menurut Forbes, hari ini ia memiliki kekayaan bersih US$ 33,2 miliar

Jay-Z

Dia masuk ke Sekolah Tinggi Pendidikan Karir dan Teknis George Westinghouse tetapi tidak pernah lulus. Jay-Z kemudian menjadi artis hip-hop pertama yang jadi miliarder. Pada Juni 2019 Forbes melaporkan dia memiliki kekayaan sekitar US$ 1 miliar. Kekayaannya berasal dari sahamnya di merek minuman keras, seni, real estat, dan di perusahaan-perusahaan seperti Uber.

Meski secara pribadi dia berhasil bis sukses luar biasa setelah putus sekolah, rapper itu ini tetap mendorong orang untuk tetap menempuh pendidikan dengan serius. “Pendidikan sangat penting,” kata Jay-Z dalam konferensi pers untuk penampilan di Carnegie Hall.

Richard Branson

Putus sekolah ketika ia baru berusia 16 tahun setelah berjuang dengan disleksia. Segera setelah berhenti sekolah, Branson mendirikan bisnis pertamanya, sebuah majalah siswa, dan akhirnya sebuah perusahaan rekaman mail-order yang kemudian menjadi label musik Virgin Records. Saat ini, perusahaannya, Virgin Group, mengawasi hampir 500 anak perusahaan. Branson sendiri memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 3,9 miliar.