Apple Wonderlust
Dunia

5 ‘Oleh-Oleh’ dari Apple Event Wonderlust

  • Apple baru saja menggelar Apple Event bertajuk “Wonderlust” di kantor pusat perusahaan di Cupertino dan disiarkan di situs web Apple pada Selasa, 12 September 2023.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apple baru saja menggelar Apple Event bertajuk “Wonderlust” di kantor pusat perusahaan di Cupertino dan disiarkan di situs web Apple pada Selasa, 12 September 2023.

Event ini sekaligus untuk meluncurkan produk iPhone seri terbaru 15 bersama dengan Apple Watch Seri 9. Acara ini juga memperkenalkan beberapa perubahan penting pada praktik perusahaan yaitu komitmen Apple untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2030. 

Berikut ini adalah beberapa pengumuman yang menjadi fokus perusahaan untuk disampaikan di Apple Event:

1. Kamera dan Ukuran Layar yang Pas

Apple memperkenalkan empat versi baru dari iPhone terbarunya, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. 

Dikutip dari TrenAsia.com, seri iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, masih menggunakan kamera utama 48MP yang sama dengan pendahulunya. Namun, fungsi Ultrawide-nya bakal disokong oleh lensa kamera 12MP (f/2.4). Lalu, ukuran layar smartphone ini sebesar 6.1 inch. 

Sementara itu, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan kamera yang sama dengan pendahulunya. Apple masih mempertahankan lensa beresolusi 48MP dengan sensor IMX803. 

Namun, fungsi Ultrawide dan Telephoto di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan mendapat peningkatan signifikan dari pendahulunya. Kamera Ultrawide beresolusi 13,4MP (f/2.2) dan Telephoto mengenakan lensa kamera 12,7MP (f/2.8). Adapun ukuran layar kedua handphone flagship itu sebesar 6,7 inch.

2. Charging Baru Menggunakan USB Type-C

Ponsel baru, Airpods, dan perangkat lain tidak akan menggunakan kabel pengisi daya milik Apple, lightning. 

Akhir tahun lalu, organisasi pemerintah menyetujui undang-undang pengisi daya umum, yang mewajibkan perangkat elektronik mendukung pengisian daya USB-C.

3. XR Akan Hadir 

Vision Pro mulai banyak dibicarakan sejak awal tahun ini, namun Apple tidak membahas banyak mengenai perangkat XR ini dalam acara hari Selasa kemarin. 

Kabarnya Vision Pro baru akan dijual tahun depan dan acara kemarin dimaksudkan untuk menarik minat konsumen terhadap barang-barang yang bisa mereka dapatkan dalam waktu dekat. 

4. Kontrol Vision Pro Melalui Apple Watch

Seiring dengan pembaruan yang dilakukan seperti penambahan chip seri 9 di Apple Watch Series 9, perusahaan juga mengumumkan fitur baru yaitu ketuk dua kali. 

Dikutip dari Fast Company dengan mengetukkan telunjuk dan ibu jari secara bersamaan, pengguna dapat menjawab panggilan, mengakhiri panggilan, dan mengontrol tombol utama. Semuanya didukung oleh mesin di chip seri 9. 

Ketukan ini akan membuat konsumen lebih terbiasa sehingga saat headset XR rilis, pengguna dapat mengoperasikannya dengan lebih ‘alami’.

5. Apple Watch yang Netral Karbon 

Perusahaan mengatakan Apple Watch Seri 9 akan menjadi produk netral karbon pertamanya, menggunakan aluminium daur ulang, emas, timah, dan bahkan kobalt, serta pembelian kredit karbon. Selain itu, mulai tahun ini, seluruh produksi Apple Watch dilakukan melalui sumber energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin.