Nampak sejumlah pengunjung tengah menikmati dekorasi dan ornamen bernuansa imlek di Mal Pluit Village Jakarta Utara, Minggu 23 Januari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

5 Pantangan Saat Sambut Tahun Baru Imlek, Jangan Dilakukan Jika Tidak Ingin Sial

  • Tahun Baru Imlek 2022 akan jatuh pada tanggal 1 Februari 2022. Inilah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat Imlek.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tahun Baru Imlek 2022 akan jatuh pada tanggal 1 Februari 2022. Tahun Baru Imlek tidak hanya waktu untuk berbagi angpao saja. Pada saat Imlek, banyak keluarga dan teman saling berkumpul untuk merayakannya. Akan tetapi, ternyata ada tradisi Tahun Baru Imlek yang tidak boleh dilakukan.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Tahun Baru Imlek, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Mencuci dan Memotong Rambut

Mencuci dan memotong rambut seolah seperti membasuh dan memotong kemakmuran dan kekayaan. Oleh karena itu, hal ini sebaiknya tidak dilakukan pada Tahun Baru Imlek 2022. 

Meminjamkan Uang

Membiarkan seseorang meminjam uang Anda merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan pada Tahun Baru Imlek. Menurut kepercayaan Tahun Baru Imlek, hal ini justru akan membuat semakin banyak peminjam yang akan datang kepada Anda sepanjang tahun. Selain tidak meminjamkan uang kepada orang lain, pastikan Anda juga mengembalikan semua uang yang Anda pinjam sebelum Tahun Baru Imlek.

Membeli Sepatu

Saat Tahun Baru Imlek, hindari membeli sepatu baru. Konon, hal ini akan membawa sial dan mengundang banyak kekecewaan dan peristiwa menyedihkan yang membuat Anda selalu mengeluh di tahun mendatang.

Menangis

Menangis di hari pertama Tahun Baru Imlek disebut bukanlah awal yang baik. Hal ini karena dipercaya Anda akan menangis sepanjang tahun. Oleh karena itu ketika Tahun Baru Imlek sebaiknya disambut dengan bahagia, tersenyum, dan mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek kepada orang lain.

Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Mungkin hal ini terkesan aneh. Akan tetapi, ada penjelasan mengapa ada tradisi tidak boleh mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu ketika Tahun Baru Imlek. Seperti yang dilansir dari laman Take Me Tour, sejak dulu orang Tionghoa selalu bekerja keras sepanjang tahun. 

Oleh karena itu, pada saat Hari Raya Imlek tiba, mereka mengambil satu hari libur dari pekerjaan. Selain itu, melakukan pekerjaan dan tugas pada hari pertama tahun baru dianggap sial karena melambangkan kesulitan sepanjang tahun.

Menyapu kotoran dan debu keluar rumah serta membuang sampah juga dipercaya dapat menyapu dan membuang rezeki. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk membuat rumah sudah rapi sebelum Tahun Baru Imlek agar bisa beristirahat dan merayakannya secara maksimal.