Karyawan beraktivitas di dekat layar monitor pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu, 6 April 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

5 Pencapaian Bursa Efek Indonesia di Usia 3 Dekade

  • Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini merayakan ulang tahunnya yang memasuki usia tiga dekade atau ke-30 tahun pada 13 Juli 2022.
Pasar Modal
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini merayakan ulang tahunnya yang memasuki usia tiga dekade atau ke-30 tahun pada 13 Juli 2022.  

Perjalanan BEI dalam mengembangkan pasar modal di Indonesia sampai di titik saat ini sudah sangat panjang dengan membawa sejumlah prestasi. Hal ini turut dirasakan oleh para investor di Indonesia.

Sampai hari ini, BEI telah tumbuh dan semakin berkembang setiap tahunnya. Berbagai capaian yang tidak mudah dilupakan itu telah menjadikan BEI sebagai tempat teraman bagi para investor maupun perusahaan terbuka.

"30 tahun Bursa Efek Indonesia berkontribusi memajukan ekonomi dan pasar modal Indonesia dan saatnya saling bersinergi untuk menjadi yang terbaik, synergy for sustainability and beyond," tulis BEI dalam akun resmi instagramnya, Rabu, 13 Juli 2022.

Untuk informasi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik tipis sebesar 0,80% di level 6.740 dari 6.794 pada penutupan pekan lalu. Pada waktu yang sama, kapitalisasi pasar bursa juga naik sebesar 0,41% menjadi Rp8.850,22 triliun.

Berikut TrenAsia rangkum pencapaian BEI selama tiga dekade dalam perjalannya.

Menerapkan ESG

Bursa telah menerapkan penggunaan sistem environmental, social, and governance (ESG) pada 2022 sebagai upaya dukungan penerapan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Upaya penerapan ESG ini dengan mengembangkan perdagangan karbon dan skoring ESG atas perusahaan tercatat di bursa, bekerja sama dengan Sustainalytics.

Menambah Papan Perdagangan

Penambahan papan perdagangan ini khususnya untuk emiten yang digolongkan jenis new economy. Papan perdagangan ini akan diluncurkan sebanyak tujuh jenis pada Agustus 2022.

Perusahaan yang masuk dalam papan perdagangan ini diharuskan memiliki adopsi teknologi sebagai dasar bisnis dan memberikan manfaat ke khalayak luas.

IHSG Sentuh Level 7.000

Pertama dalam sejarah dengan mencetak angka tertinggi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tembus level psikologis 7.000 pada tahun ini.

Investor Tahun Ini Tembus 8 Juta

Jumlah investor di tahun 2022 terus bertambah hingga mencapai 8 juta investor sejauh ini. Jumlah ini meningkat dari posisi per 21 Januari 2022 sebesar 7,75 juta investor.

Kanaikan jumlah investor ini memberikan dampak baik bagi saham acuan di Indonesia yang kembali mencetak rekok tertinggi pada 16 Februari 2022 di level 6.850. Sehingga kapitalisasi pasa di BEI ikut meningkat menjadi Rp8,63 triliun.

HR Asia Best Companies to Work

Bursa Efek Indonesia selama tiga tahun berturut-turut meraih penghargaan sebagai HR Asia Best Companies to Work selama 2017-2019.

Penghargaan ini untuk para CEO, senior profesional di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang diterbitkan Business Media International. Adapun penilaian dari penghargaan ini berdasarkan Total Engagement Assessment Model (TEAM) kepada karyawan, company presentation, dan site audit