Ilustrasi.
Gaya Hidup

5 Pertanyaan Penting yang Harus Ditanyakan Saat Pertama Membeli Rumah

  • Keputusan untuk membeli rumah tentu bukan merupakan keputusan yang sepele. Oleh karena itu, inilah daftar pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada diri sendiri sebelum memutuskan untuk membeli rumah.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Keputusan untuk membeli rumah tentu bukan merupakan keputusan yang sepele. Hal ini karena tanah dan rumah adalah aset termahal yang akan Anda beli.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertanyakan beberapa pertanyaan berikut saat akan membeli rumah pertama.

1. Haruskah Menggunakan Agen Real Estate?

Secara teknis, menggunakan agen untuk membeli rumah tidak diperlukan saat membeli rumah pertama Anda. Akan tetapi, seorang agen dapat menghubungkan Anda dengan orang hipotek yang tepat, memandu Anda ke bangunan yang cocok dengan Anda, atau membantu Anda mengetahui tentang nilai properti.

2. Mengapa Anda Memilih Agen Tersebut?

Dengan asumsi Anda membuat keputusan yang bijaksana dan memutuskan untuk menggunakan agen, Anda harus bertanya kepada agen Anda mengapa Anda harus bekerja dengan mereka. Mereka harus dapat memberi tahu Anda dengan tepat mengapa Anda harus bekerja dengan mereka.

3. Apa Rencana Jangka Panjang Anda?

Rumah pertama Anda mungkin bukan rumah Anda selamanya. Rencana Anda juga bisa berubah menyesuaikan keadaan Anda, apakah tetap tinggal di satu rumah selamanya, atau ingin memiliki anak lalu pindah ke rumah yang lebih besar.

4. Seberapa Familiar Anda dengan Daerah Lokasi Calon Rumah Anda

Lokasi adalah faktor terpenting saat Anda memutuskan untuk membeli rumah. Agen Anda harus dapat memberikan Anda berbagai daerah potensial dan mengarahkan Anda ke lingkungan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

5. Apakah Sekarang Waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah?

Jadi pertanyaan ini tidak benar-benar berarti apakah ini waktu yang tepat untuk membeli rumah, karena pasar selalu berfluktuasi dan Anda tidak pernah bisa benar-benar menghitungnya.