Ilustrasi bekerja stres pusing bingung confused lelah tired. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Gaya Hidup

5 Pertanyaan yang Bisa Membantu Menemukan Tujuan Anda

  • Feller berperndapat bahwa nasihat terbaik ketika sedang mengalami trannsisi kerja adalah untuk "percaya pada diri sendiri".
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Dalam perjalanan hidup, seringkali kita merasa ragu dan akan tujuan hidup yang kita miliki. Meragukan tujuan hidup adalah hal yang wajar dan seringkali merupakan bagian dari proses eksplorasi diri dan pencarian makna yang lebih dalam.

Bruce Feller, seorang penulis buku buku best seller New York Times, The Search: Finding Meaningful Work in a Post-Career World berbagi kepada Psychology Today mengenai topik ini seperti dilansir oleh TrenAsia.com, Jumat, 2 Juni 2023,

Feller telah menghabiskan enam tahun waktunya keliling Amerika Serikat untuk membantu orang menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti "Saya tidak senang dengan apa yang saya lakukan, dan saya ingin melakukan sesuatu yang membuat saya bahagia."

Dalam perjalanannya tersebut, Feller telah mengumpulkan dan menganalisis 400 kisah hidup orang Amerika dari segala usia, semua latar belakang, dan di 50 negara bagian.

Pertanyaan untuk Menemukan Tujuan Hidup

Dari pengalamannya tersebut, Feller menyimpulkan 5 pertanyaan yang bisa Anda tanyakan untuk membantu menemukan tujuan hidup.

1. Orang terpenting dalam pilihan pekerjaan saya saat ini adalah ______

Dalam beberapa kasus, kita bukan satu-satunya orang yang berperan dalam pemilihan karier dan pekerjaan yang kita miliki. Kita semua dibentuk oleh kebutuhan orang lain, bisa jadi orang tua, pasangan, hingga anak-anak kita.

Cobalah lihat diri Anda lebih dalam. Suara siapa yang paling menonjol dalam kepala Anda? Mungkin Anda sebenarnya lebih memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda, atau mengikuti kegiatan sukarela atau bahkan berfokus ada diri sendiri untuk sementara waktu.

Percayalah bahwa apapun yang Anda lakukan sekarang, Anda dapat mengubah keputusan tersebut kapan saja.

2. Saat ini dalam hidup saya, saya ingin melakukan pekerjaan yang ______

Apa yang ingin kita lakukan selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Pada satu waktu, prioritas kita mungkin adalah gaji, sementara di sisi lain, kita mungkin menekankan kreativitas atau pelayanan. Bagian terpenting dari menjadi bahagia di tempat kerja adalah mengetahui apa yang ingin Anda lakukan saat ini dalam hidup Anda.

3. Saya ingin bekerja di tempat _____

Semenjak pandemi, tempat kerja mungkin telah menjadi bagian dari pekerjaan yang paling terpengaruh. Dengan maraknya pekerjaan jarak jauh, orang-orang mulai merundingkan kembali topik yang dulunya tidak perlu dipertanyakan seperti seberapa sering mereka harus pergi ke kantor dan apakah mereka dapat hidup di lingkungan yang lebih ramah dan menyenangkan.

Tanyakan kepada diri Anda. Sebenarnya, lingkungan kerja seperti apa yang lebih penting bagi Anda saat ini?

4. Tujuan saya saat ini adalah _____

Alasan Anda bekerja juga dapat bergeser dan beradaptasi seiring dengan bertumbuhnya Anda termasuk ketika Anda mulai belajar dan mengenali diri Anda lebih baik.

Apa yang menjadi tujuan Anda saat ini tentunya tidak sama dengan tujuan Anda dua tahun lalu dan sepuluh tahun yang lalu.

Maka, cobalah untuk mulai memikirkan ulang tujuan Anda saat ini dan apakah itu sejalan dengan pekerjaan yang Anda miliki saat ini.

5. Nasihat terbaik yang saya miliki untuk diri saya sendiri saat ini adalah _____

Feller berperndapat bahwa nasihat terbaik ketika sedang mengalami trannsisi kerja adalah untuk "percaya pada diri sendiri".

Alih-alih terus menerus mencari nasihat dari orang lain, mulailah bertanya pada diri Anda sendiri karena pada akhirnya diri Anda adalah satu-satunya orang yang sangat paham dengan situasi, kondisi, dan perasaan yang Anda alami.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 pertanyaan yang bisa membantu Anda menemukan tujuan hidup. Semoga bermanfaat!