<p>Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA), Gati Wibawaningsih (ketiga kanan) berfoto bersama kelima startup pemenang kompetisi Startup4Industry 2020 disaksikan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang yang hadir secara virtual, di Jakarta, Selasa, 8 Desember 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>

5 Peserta Terbaik Startup4Industry Terima Penghargaan dari Kemenperin

  • Dari proses itu, kata Gati, ditentukan lima startup teknologi terbaik versi program Startup4Industry 2020. Di antaranya adalah DycodeX, Widya Robotics, Amiga, Mokko Otomasi Indonesia, serta AturToko.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membuka acara pemberian penghargaan kompetisi “Startup4Industry 2020“. Melalui kegiatan ini, ia berharap berdampak luas bagi masyarakat sekaligus memenuhi kebutuhan solusi teknologi baru.

Menurutnya, saat ini pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Solusi teknologi yang hadir pun dinilai dapat mendorong perkembangan industri dalam negeri, terutama industri kecil dan menengah (IKM).

“Program Startup4Industry diharapkan dapat membantu masyarakat serta industri dalam menumbuhkan sebagai langkah pemulihan akibat pandemi,” ujarnya dalam webinar daring ‘Expose Day dan Penghargaan Startup4Industry 2020’ di Jakarta, Selasa 8 Desember 2020.

Agus mengatakan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mendorong terciptanya ekosistem solusi teknologi. Sehingga, dapat menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat dengan tech provider Indonesia.

Hadiah Rp20 Juta

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), Gati Wibawaningsih menyampaikan, kegiatan hari ini merupakan waktunya 20 start up teknologi Indonesia unjuk solusi. Sebelumnya, pelaku start up terpilih ini telah melalui tiga tahapan penjurian.

“Seperti kita ketahui acara Startup4Industry ini telah diselenggarakan sejak 14 Oktober 2020 lalu dan diikuti oleh 294 peserta dan terbagi dari tiga topik, yakni masa adaptasi kebiasaan baru, efisiensi manufaktur, dan e-commerce enabler,” jelasnya.

Dari proses itu, kata Gati, ditentukan lima start up teknologi terbaik versi program Startup4Industry 2020. Di antaranya adalah DycodeX, Widya Robotics, Amiga, Mokko Otomasi Indonesia, dan AturToko.

“Kelima pemenang masing-masing akan diberikan penghargaan dan hadiah uang sejumlah Rp20 juta dan juga bantuan untuk pengembangan solusi teknologi senilai Rp20 juta,” pungkasnya. (FYR)