Inilah 5 Pantai Terindah di Asia yang Wajib Dikunjungi, Ada yang Berlokasi di Indonesia!
Featured

5 Pilihan Destinasi Wisata Via Jalan Tol Manado-Bitung

  • Jalan Tol Manado-Bitung merupakan ruas tol pertama yang ada di Sulawesi Utara dengan memiliki 2 seksi. Terdiri dari seksi 1 ring road Manado-Sukur-Airmadidi sepanjang 14 kilometer (km).
Featured
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Jalan Tol Manado-Bitung merupakan ruas tol pertama yang ada di Sulawesi Utara dengan memiliki 2 seksi. Terdiri dari seksi 1 ring road Manado-Sukur-Airmadidi sepanjang 14 kilometer (km). Sedangkan seksi 2A Airmadidi-Danowudu sepanjang 11,5 km telah beroperasi sejak 2021, dan seksi 2B Danowudu-Bitung sepanjang 12 km sudah melakukan uji laik fungsi (ULF).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan ruas Tol Manado-Bitung merupakan salah satu dukungan atas pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) dan kawasan strategi pariwisata nasional (KSPN) super prioritas Manado-Bitung-Likupang.

Ada 5 pilihan destinasi yang bisa dikunjungi masyarakat Sulawesi Utara karena lokasinya dekat dengan jalan Tol Manado-Bitung, yakni:

1. Air Terjun Parom

Air terjun ini memberikan panorami keindahan alam yang masih dipenuhi pepohonan hijau. Lokasinya hanya berjarak 6 km dan membutuhkan waktu 15 menit dari Gerbang Tol Danowudu. Di sana, pengunjung bisa merasakan segarnya mata air alami serta berswafoto bersama orang terkasih.

2. Waruga Sawangan

Destinasi ini berjarak 24 km dan hanya membutuhkan waktu 38 menit saja dari Gerbang Tol Kauditan. Waruga Sawangan merupakan wisata alam sekaligus menelusuri jejak sejarah yang hingga ini masih terjaga keasriannya.

3. Raewaya Hillis

Destinasi wisata satu ini bisa dikunjungi saat berada di Kecamatan Airmadidi Atas yang menyediakan keindahan alam dan berbagai permainan menarik. Pengunjung hanya perlu menghabiskan waktu 15 menit saja dari Gerbang Tol Airmadidi yang jaraknya 10 km.

4. Bukit Pulisan

Bukit Pulisan berada di 57 km dari Gerbang Tol Manado dan untuk menuju ke destinasi tersebut hanya memerlukan waktu tempat 1 jam 43 menit. Di bukit ini akan diperlihatkan hamparan padang rumput dan pemandangan laut yang indah.

5. Pantai Paal

Destinasi Pantai Paal sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan menakjubkan hati. Untuk pergi ke sana memerlukan waku 1 jam 30 menit saja dari Gerbang Tol Kauditan dengan jaraknya 40 km.