<p>Ilustrasi emiten pertambangan minyak dan gas (migas) PT Apexindo Pratama Duta Tbk / Dok. Perseroan</p>
Nasional

5 Proyek Hulu Migas Senilai Rp3,6 Triliun Siap Onstream Kuartal II-2022

  • Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memperkirakan tahun ini akan 12 proyek hulu migas yang akan segera onstream. Dari jumlah tersebut, lima di antarnaya disebut akan onstream pada kuartal II tahun ini.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memperkirakan tahun ini ada 12 proyek hulu migas yang akan segera onstream. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya disebut akan segera onstream pada kuartal II tahun ini.

Kelima proyek tersebut di terdiri dari satu proyek migas yakni Bukit Tua Phase 2B Petronas Carigali Ketapang II Ltd dan empat proyek gas yang di antaranya adalah Hiu Phase 2 Medco E&P Natuna, Jumelai Pertamina Hulu Mahakam, Baru Gas Plant Modif to Tenayan Plant EMP Bentu, serta OPL South Sembakung JOB PMEP Simenggaris.

Adapun kelima proyek yang direncanakan onstream pada kuartal II-2022 tersebut menghabiskan dana sebesar Rp3,6 triliun pada pengembangannya. 

Sementara potensi pertambahan kapasistas produksi dari proyek tersebut apabila sudah onstream adalah minyak sebesar 14.000 barel per hari (BOPD) dan gas sebesar 179 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

“Untuk 5 proyek yang akan onstream di kuartal 2 tahun 2022, dari jumlah tersebut di bulan April akan onstream proyek Bukit Tua Phase 2B, sedangkan 3 (tiga) proyek lainnya yaitu Hiu Phase 2, Jumelai dan Baru Gas Plant Modif. To Tenayan Plant akan onstream di bulan Mei dan 1 (satu) proyek OPL South Sembakung di bulan Juni,”kata Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno dalam keterangan pers dikutip Senin, 25 April 2022.

Julius juga menyebutkan bahwa sejumlah proyek hulu migas yang saat ini tengah digenjot itu memiliki pengaruh yang penting dalam upaya peningkatan lifting migas nasional, terlebih di tengah situasi meningginya harga minyak mentah dunia yang terjadi pada saat ini.

"Momentum harga minyak dunia yang tinggi dimanfaatkan betul oleh SKK Migas dengan mendorong KKKS (kontraktor kontrak kerja sama) untuk melakukan investasi yang lebih agresif, serta mendorong KKKS untuk melaksanakan programnya lebih dini diawal tahun. Termasuk didalamnya adalah SKK Migas mengawal penyelesaian proyek hulu migas 2022,” ujar Julius dalam keterangan pers dikutip Senin, 25 April 2022.

Adapun untuk proyek Bukit Tua Phase 2B saat ini diketahui telah mencapai 96% pada proses pembangunannya. Oleh karenanya proyek tersebut dapat dipastikan segera onstream di bulan April tahun ini.