Suasana rumah subsidi di kawasan Citereup, Kabupaten Bogor,  Jawa Barat,  Senin, 23 Agustus 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

5 Proyek Rumah Subsidi di Bogor Seharga Rp168 Juta, Intip Lokasinya

  • Ada banyak proyek rumah subsidi di Bogor. Berikut 5 perumahan subsidi yang bisa jadi pilihan.
Nasional
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Memiliki rumah pribadi tentu menjadi impian semua orang. Apalagi sejak pandemi COVID-19 melanda, kebutuhan akan hunian nyaman dan sehat semakin mendesak.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki penghasilan yang cukup besar untuk membeli rumah. Untuk itu, pemerintah mengucurkan bantuan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) lewat pengembang dalam menyediakan rumah subsidi dengan harga murah.

Harga rumah subsidi yang dijual kepada masyarakat telah dipatok oleh pemerintah dengan besaran yang berbeda di masing-masing daerah. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.242/KPTS/M.2020 tentang Rumah Subsidi.

Dalam aturan tersebut, rumah subsidi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dibanderol seharga Rp168 juta.

Sebagai kota satelit, Bogor menjadi incaran pengembang sekaligus konsumen rumah subsidi. Jaraknya yang dekat dengan Jakarta, serta didukung akses transportasi yang memadai seperti KRL Commuterline dan Bus Trans Jabodetabek, menjadi keunggulan Bogor.

Ada banyak proyek rumah subsidi di Bogor. Berikut 5 perumahan subsidi yang bisa dipilih.

1. Pesona Kahuripan Cileungsi

Perumahan ini berlokasi di Mampir, Cileungsi, Kabupaten Bogor dan dikembangkan oleh PT Hikmah Alam Sentosa. Pesona Kahuripan telah mencatat kesuksesan penjualan, terlihat dari proyek yang berjalan hingga 4 tahap. Saat ini, sedang dipasarkan Pesona Kahuripan untuk tahap 5 dan 6.

Proyek perumahan ini terdiri atas rumah komersial dan subsidi. Untuk rumah subsidi, tersedia tipe 30/60 dengan luas bangunan 30 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi seharga Rp168 juta. Sementara untuk rumah komersial tersedia tipe 50/90 dengan luas bangunan 50 meter persegi dan luas lahan 90 meter persegi seharga Rp460 juta.

Lokasinya yang cukup dekat dengan Jakarta Timur juga menjadikan Pesona Kahuripan sebagai opsi utama bagi pembeli. Bahkan, selebritas Ratna Listy tercatat sudah membeli hunian di Pesona Kahuripan ini setelah meraup cuan dari kanal Youtube Mata Langit.

2. Grand Riscon Dramaga

Perumahan subsidi seharga Rp 168 juta selanjutnya yakni Grand Riscon Darmaga yang berlokasi di Kecamatan Leuwiliang, Desa Cibeber 1. Perumahan ini dikembangkan oleh PT Ardias Bayu Pratama ini dipasarkan dengan luas tanah 60 meter persegi dan luas bangunan 22 meter persegi. Adapun kamar tidur maupun kamar mandi yang tersedia masing-masing satu unit.

Tak hanya menjual rumah subsidi, Ardias Bayu Pratama juga menawarkan rumah komersial dengan dua tipe masing-masing 36/80 dan 36/70. Masing-masing tipe ini dibanderol dengan harga Rp320 juta dan Rp300 juta.

Perumahan subsidi di Bogor satu ini menawarkan konsep hunian asri dan sejuk dengan pemandangan hamparan pegunungan yang indah. Desain rumah juga seragam dan minimalis cocok keluarga kecil maupun perseorangan.

Keamanan terjamin dengan adanya pengawasan CCTV dan keamanan 24 jam, Sistem one gate juga semakin meningkatkan keamanan dengan mengontrol keluar masuknya penghuni.

Lokasinya juga sangat strategis lantaran berdekatan dengan Terminal Leuwiliang, Pasar Leuwiliang, Pasar Jasinga, RSUD Leuwiliang, dan masih banyak lagi seperti sekolah dan pusat perbelanjaan.

3. Tamansari Residence

Rumah subsidi Bogor Tamansari Residence 2 terletak di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Lokasi perumahan ini terletak di dekat Kampung Budaya Sindang Barang, Bogor Selatan.

Tamansari Residence berada di jalur arah Gunung Salak. Daerah ini sangat sejuk dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Dari pusat Kota Bogor seperti Kebun Raya dan Stasiun Bogor berjarak sekitar sembilan kilometer.

Tipe terkecil di perumahan ini adalah 27/60 dengan harga jual mulai Rp170 jutaan. Harganya murah untuk daerah yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bogor.

4. Puri Harmoni Pasirmukti

Rumah subsidi yang bisa menjadi pilihan selanjutnya yakni Puri Harmoni Pasir Mukti. Lokasinya mudah ditemukan karena dekat dengan Kebun Wisata Pasir Mukti

Lokasinya terletak di belakang Kebun Wisata Pasir Mukti dan akses masuknya sama dengan tempat rekreasi ini. Dari Pintu Tol Citeureup, perumahan ini berjarak sekitar 7 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.  

Fasilitas penunjang perumahan ini cukup lengkap. Minimarket bisa dijangkau dengan jarak sekitar 1 kilometer. Pasar Tajur berjarak hanya sekitar 1,4 kilometer. Sementara fasilitas sekolah dan kesehatan beberapa di antaranya berjarak kurang dari 2 kilometer. Harga jual perumahan ini tuntuk tipe 28/60, harga jualnya mulai Rp170 jutaan

5. Griya Pesona Madani

Griya Pesona Madani merupakan solusi bagi kaum milenial yang membutuhkan hunian asri serta nyaman dan memberikan kemudahan akses dalam beraktivitas sehari-hari. Perumahan dekat Stasiun Tenjo ini terdiri atas rumah subsidi dan rumah komersial dengan harga mulai dari Rp168 juta sampai dengan Rp200 jutaan.

Lingkungan di sekitarnya pun tampak asri karena dikelilingi oleh tanaman hijau yang rimbun sehingga membuat penghuninya nyaman untuk tinggal. Rumah di Griya Pesona Madani ditawarkan 1 lantai dengan 2 kamar tidur serta 1 kamar mandi.