5 Rekomendasi Alternatif Chatbot Selain ChatGPT dari OpenAI
Tekno

5 Rekomendasi Alternatif Chatbot Selain ChatGPT dari OpenAI

  • Inilah beberapa rekomendasi chatbot alternatif selain ChatGPT dari OpenAI.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - ChatGPT memang seolah mencuri perhatian banyak orang. Hal ini karena chatbot dari OpenAI tersebut mampu berinteraksi atau bercakap-cakap dengan pengguna, serta memberikan jawaban yang mendetail dari berbagai topik pembicaraan.

Diketahui, ChatGPT merupakan kecerdasan buatan yang dilatih untuk dapat berinteraksi jika terdapat percakapan. Format dialog ChatGPT juga memungkinkannya untuk menjawab berbagai pertanyaan lanjutan, mengakui kesalahan, menantang premis yang salah, bahkan menolak permintaan yang tidak pantas.

Namun ternyata ChatGPT bukan satu-satunya chatbot berbasis AI yang dapat membuat tugas Anda jadi lebih mudah. Masih ada beberapa alternatif chatbot selain ChatGPT yang bisa Anda coba mulai sekarang.

Rekomendasi Alternatif Chatbot Selain ChatGPT dari OpenAI

1. ChatSonic

ChatSonic mengklaim dirinya sebagai AI revolusioner seperti ChatGPT. Chatbot ini dibuat untuk mengalahkan semua batasan dari ChatGPT. 

Selain itu, ChatSonic mampu memberikan informasi faktual terkini menggunakan grafik pengetahuan dari Google untuk informasi terbaru tentang peristiwa dan topik yang terjadi pada saat itu. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memberikan perintah suara dengan ChatSonic dan ChatSonic akan menjawab dengan suara, seperti Siri atau Google Assistant.

2. DeepL Write

DeepL Write adalah alat menulis AI yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi tertulis dalam bahasa Inggris dan Jerman. Tidak hanya menyediakan tata bahasa yang baik, DeepL Write juga menawarkan saran untuk memperbaiki ungkapan, nada, gaya, dan pilihan kata.

3. YouChat

YouChat merupakan chatbot yang mirip dengan mesin pencari. Alat ini menggunakan kecerdasan buatan dan merangkum informasi dari internet untuk Anda tanpa menayangkan iklan dan dengan dilengkapi privasi yang tinggi. YouChat saat ini gratis dan membantu Anda menemukan hasil yang paling relevan dari web dan aplikasi.

4. Socrates

Biasanya, layanan ini ditujukan untuk anak-anak dan membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan rumah. Socrates dibangun untuk membantu belajar sains, matematika, sastra, ilmu sosial, dan masih banyak lagi.

5. Chinchilla

Chinchilla menawarkan berbagai fitur dan keunggulan dibandingkan ChatGPT. Chinchilla dibuat oleh para peneliti di DeepMind dan diklaim mampu mengungguli Gopher (280B), GPT-3 (175B), Jurassic-1 (178B), dan Megatron-Turing NLG (530B) pada berbagai tugas.

Itu tadi beberapa rekomendasi chatbot alternatif selain ChatGPT dari OpenAI.