5 Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Populer di Android dan iOS
Gaya Hidup

5 Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Populer di Android dan iOS

  • Inilah beberapa rekomendasi aplikasi baca novel populer di Android dan iOS secara legal dan pada umumnya gratis. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Membaca buku seperti novel adalah salah satu hobi yang dimiliki banyak orang. Selain menambah ilmu atau wawasan, membaca novel juga dapat menghibur dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari. 

Namun, ada banyak orang yang mungkin merasa keberatan untuk terus membeli buku atau novel terus-menerus. Hal ini karena harga buku atau novel cukup mahal sementara kebutuhan pribadi terus meningkat.

Jika Anda mengalami hal yang serupa, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi baca novel populer yang bisa diakses baik dari ponsel Android maupun iOS. Selain lebih hemat, beberapa aplikasi tersebut juga menyediakan buku atau novel secara gratis dan legal.

Berikut rekomendasi aplikasi baca novel populer di Android dan iOS legal serta gratis

1. iPusnas

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Populer di Android dan iOS, Legal Serta Gratis: iPusnas

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. iPusnas menyediakan koleksi buku yang sangat banyak dari berbagai kategori bahkan ada banyak buku yang keluaran terbaru. Anda bisa tinggal install aplikasi iPusnas lalu mendaftar atau sign up dan langsung bisa meminjam berbagai koleksi buku yang disediakan iPusnas.

Kelebihan dari iPusnas adalah Anda bisa follow berbagai pengguna iPusnas lainnya yang akan memudahkan Anda untuk mengetahui informasi buku terbaru dan buku apa saja yang dipinjam oleh pengguna lain. Tidak hanya itu, Anda juga bisa meninggalkan review buku di setiap koleksi buku yang sudah Anda baca.

2. Ruang Buku Kominfo

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Populer di Android dan iOS, Legal Serta Gratis: Ruang Buku Kominfo 

Ruang Buku Kominfo adalah aplikasi perpustakaan digital yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Seperti iPusnas, Anda bisa install aplikasi tersebut lalu meminjam berbagai buku yang tersedia dari koleksi Ruang Buku Kominfo.

3. T-Perpus

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Populer di Android dan iOS, Legal Serta Gratis: T-Perpus

T-Perpus adalah aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan Anda untuk mengakses ribuan koleksi ebook secara gratis. Selain buku atau novel, aplikasi ini juga menyediakan akses ke majalah secara gratis.

4. iBalikpapan

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Populer di Android dan iOS, Legal Serta Gratis: iBalikpapan

Seperti iJakarta atau iPusnas, iBalikpapan adalah salah satu aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan Anda untuk membaca novel secara gratis. Anda cukup hanya menginstalnya di ponsel lalu membuat akun dan tinggal meminjam buku yang tersedia. Meski begitu, jumlah copy buku biasanya lebih terbatas daripada iPusnas.

5. Gramedia Digital

Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Populer di Android dan iOS Legal: Gramedia Digital

Gramedia Digital adalah aplikasi yang menyediakan banyak buku atau novel terjemahan terbaru. Meski begitu, Anda harus membayar langganan terlebih dahulu untuk mengakses berbagai buku yang menjadi koleksi Gramedia Digital.

Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi baca novel populer di Android dan iOS secara legal dan pada umumnya gratis. Selamat mencoba!