Gaya Hidup

5 Rekomendasi Buku untuk Menjadi Bijak Ala Stoikisme

  • Stoikisme menjadi salah satu aliran filsafat yang banyak dipelajari belakangan ini.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO—Stoikisme menjadi salah satu aliran filsafat yang banyak dipelajari belakangan ini. Berbeda dengan filsafat kebanyakan yang rumit, ajaran Stoa terasa sederhana dan membumi sehingga setiap orang dapat dengan mudah memahaminya. 

Beberapa kutipan bijak dari filsuf Stoa seperti Epictetus, Seneca dan Marcus Aurelius pun kini mudah ditemui di media sosial. Namun untuk mempelajari Stoikisme dengan benar dan mempraktikannya, kalian tetap perlu memiliki panduan berupa buku. Berikut sejumlah rekomendasi buku bagi kalian yang ingin mempelajari Stoikisme:

1. The Daily Stoic (Ryan Holiday)

The Daily Stoic adalah buku yang bakal memperkenalkan Stoikisme pada kalian dengan cara menyenangkan. Buku karangan Ryan Holiday ini menyarikan karya-karya yang ditulis para filsuf Stoik dan menerangkan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. 

Buku ini juga menyajikan konsep dan quotes tentang Stoikisme yang dapat dicerna per hari. Kesulitan membaca versi aslinya? Tenang, kini The Daily Stoic sudah ada versi terjemahannya yang berjudul Sehari-hari Stoik. 

2. Filosofi Teras (Henry Manampiring)

Salah satu buku yang ikut mengerek popularitas Stoikisme di Indonesia adalah Filosofi Teras. Buku karya Henry Manampiring ini cocok untuk anak muda yang tengah mencari panduan moral di tengah laju zaman. Buku ini membahas cukup mendalam tentang Stoikisme dengan tetap mudah dipahami.   

3. Letters from A Stoic (Seneca)

Ingin mencari buku Stoikisme yang otentik atau karya langsung filsufnya? Letters from A Stoic bisa jadi pilihan. Buku karya Lucius Annaeus Seneca ini bakal mengajarkan kiat-kiat hidup ideal ala penganut Stoikisme. Beberapa alur pikiran Stoik dibahas dalam buku ini seperti memposisikan diri di tengah kondisi sulit, kiat hidup sederhana, hingga menjaga hubungan pertemanan.  

4. Meditasi (Marcus Aurelius)

Selain Letters from A Stoic, Meditasi adalah judul buku yang berasal langsung dari pokok pemikiran seorang filsuf Stoa. Sosok tersebut adalah Marcus Aurelius, seorang kaisar Romawi. Meditasi adalah kumpulan tulisan Marcus Aurelius yang disusun tahun 161-180 M. Selain catatan pribadi, Meditsi berisi gagasan Marcus Aurelius tentang Stoikisme. 

5. Ataraxia: Bahagia Menurut Stoikisme (A. Setyo Wibowo) 

Kehidupan manusia modern yang serba cepat dan penuh persaingan kadangkala membuat kita lelah. Media sosial juga membuat kita menjadi bergantung pada pujian dan tanggapan orang lain. Buku Ataraxia: Bahagia Menurut Stoikisme bisa menjadi penawar untuk problem manusia zaman kiwari. 

Ataraxia yang berarti tiada gangguan adalah kehidupan ideal ala Stoikisme. Puncaknya yakni kebahagiaan dan hidup yang tenang. Buku ini dapat menjadi terapi jiwa dengan mengupas kebahagiaan menurut filsafat Stoikisme. 

Itu dia sejumlah rekomendasi buku untuk mempelajari Stoikisme. Tentu ajaran tentang Stoikisme tak terbatas pada buku-buku ini. Kalian dapat mempelajarinya dari buku atau literatur lain yang sejenis.