Hati-hati Kena Malware Gara-gara Nonton Video Tutorial di YouTube! Ini Cara Mencegahnya
Hiburan

5 Rekomendasi Ekstensi AI untuk Catat Materi dari YouTube, Praktis dan Mudah!

  • Simak rekomendasi ekstensi tools atau layanan AI yang dapat digunakan untuk catat materi dari YouTube. Selamat mencoba!

Hiburan

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) saat ini seolah menjadi tren terkini. Semakin banyak layanan yang menawarkan berbagai tools berteknologi kecerdasan buatan yang memudahkan kehidupan kita sehari-hari, salah satunya untuk mencatat materi yang diperoleh dari konten video YouTube.

Pada umumnya, konten video YouTube memiliki durasi yang cukup panjang. Selain itu, karena video tersebut biasanya tidak berbasis teks, itu artinya konten atau materi akan disampaikan dengan cepat.

Hal itu akan membuat proses mencatat jadi kerepotan. Jika Anda mengalami demikian, tidak perlu khawatir. Anda bisa mencoba beberapa tools ekstensi atau layanan berteknologi kecerdasan buatan yang sekarang sudah semakin banyak.

Rekomendasi Ekstensi AI untuk Mencatat Materi dari Konten YouTube

Rekomendasi ekstensi AI untuk mencatat materi dari konten YouTube

Berikut beberapa tools berteknologi kecerdasan buatan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu proses note taking.

1. ChatGPT

Tidak mengherankan jika produk dari OpenAI ini mampu membantu meringkas konten YouTube. Hal ini karena ChatGPT memang dikenal memiliki fitur yang canggih untuk membantu aktivitas Anda sehari-hari.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal download ekstensi ChatGPT, lalu klik bagian ‘Transcript & Summary’ pada saat Anda menonton video YouTube. Untuk membuat ringkasan, Anda tinggal klik logo OpenAI dan ekstensi tersebut akan membuka ChatGPT di tab baru lalu Anda bisa langsung melihat ringkasan yang telah dibuat.

2. Glarity

Glarity adalah ekstensi Chrome yang menggunakan ChatGPT untuk meringkas konten video YouTube. Ekstensi ini bekerja secara otomatis dan mulai membuat ringkasan segera setelah video dimulai. Meski begitu, untuk menggunakan ekstensi Glarity, Anda tetap harus memiliki akun ChatGPT.

3. Eightify

Eightify adalah suatu ekstensi Chrome yang menggunakan layanan ChatGPT untuk meringkas video YouTube. Setelah memasang ekstensi ini, Anda tinggal klik tombol Summarize yang ada di samping tombol Likes. Setelah itu, di sebelah sisi kanan layar Anda akan melihat ringkasan yang telah dibuat oleh ekstensi Eightify ini.

4. Upword

Upword adalah tools yang membantu Anda untuk membuat catatan dan ringkasan. Bahkan tools Upword ini tidak hanya dapat digunakan di YouTube, tapi di semua situs web lainnya. Alat ini diklaim, bahwa meski bertugas untuk merangkum isi video, isi ringkasan yang dibuatnya tidak akan sesingkat seperti yang dibuat oleh tools atau ekstensi lainnya.

5. YouTubeDigest

YouTubeDigest merupakan suatu alat yang dapat membantu Anda membuat ringkasan dari suatu konten video YouTube dalam berbagai bentuk. Secara default, YouTubeDigest akan memberikan ringkasan dalam lima poin. Akan tetapi, hal ini bisa Anda ubah setelannya agar memperoleh ringkasan dalam bentuk paragraf atau artikel.

Itu tadi rekomendasi ekstensi tools atau layanan AI yang dapat digunakan untuk catat materi dari YouTube. Selamat mencoba!