5 Rekomendasi Kuliner Khas Banyuwangi, Sedap dan Nikmat!
Destinasi & Kuliner

5 Rekomendasi Kuliner Khas Banyuwangi, Sedap dan Nikmat!

  • Simak berbagai rekomendasi makanan khas atau kuliner khas Kabupaten Banyuwangi.
Destinasi & Kuliner
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Banyuwangi adalah salah satu wilayah di Indonesia yang sangat identik dengan citranya sebagai daerah dengan destinasi wisata yang menakjubkan. Akan tetapi, Banyuwangi ternyata tidak terkenal akan destinasi wisatanya, melainkan kulinernya juga turut digemari banyak orang.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan mengunjungi Banyuwangi, tidak ada salahnya Anda juga berburu beberapa kuliner khas Banyuwangi sebagai berikut.

Rekomendasi Kuliner atau Masakan Khas Banyuwangi

Berikut beberapa rekomendasi kuliner atau masakan khas Banyuwangi yang perlu Anda coba saat mengunjungi Banyuwangi.

1. Sego Tempong

Sego Tempong adalah masakan atau hidangan yang sangat cocok bagi Anda penggemar makanan bercita rasa pedas. Sego adalah nama lain dari nasi dalam bahasa Jawa. Sedangkan tempong adalah kata dalam Bahasa Asing yang berarti tampar dalam bahasa Indonesia. 

Hidangan itu dinamai Sego Tempong karena memiliki rasa pedas yang memberikan sensasi seperti ditampar. Ada berbagai lauk dalam satu piring Sego Tempong, yaitu ayam goreng, telur dadar, atau pepes ikan (ikan khusus) serta dikonsumsi bersama nasi dan sambal yang pedas.

2. Pindang Koyong

Makanan pedas lain yang dapat Anda nikmati di Banyuwangi adalah Pindang Koyong. Masakan ini terbuat dari ikan laut segar yang dimasak dengan cara direbus kuah asam pedas. Tekstur lembut daging ikan serta cita rasa gurih pada kuahnya, mampu menciptakan perpaduan kenikmatan yang patut untuk Anda coba.

3. Nasi Cawuk

Jika Anda sedang mencari sarapan yang istimewa dan unik di Banyuwangi, maka sangat tepat ketika Anda memilih Nasi Cawuk. Nasi Cawuk adalah sebuah hidangan yang terdiri atas nasi putih, parutan kelapa yang gurih dan lezat, serta jagung bakar. Di atas makanan tersebut akan disajikan dengan saus serai dan semanggi yang dikukus. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih lauk berupa telur rebus atau ikan kukus.

4. Rujak Soto

Rujak Soto adalah masakan yang merupakan kombinasi antara salad dan sup. Dalam satu piring atau mangkuk, berisi berbagai sayuran kukus yang kemudian dicampur dengan sup soto yang sudah lengkap dengan daging sapi dan babat. Rujak Soto adalah hidangan yang sempurna untuk Anda santap ketika makan siang.

5. Kue Bagiak

Kue Bagiak merupakan kue yang dihasilkan dari tepung sagu, menghasilkan karakteristik rasa yang khas. Kue ini didominasi oleh kelezatan rasa manis, menjadikannya pilihan tepat sebagai pendamping minum teh atau kopi. Tidak hanya itu, kue ini juga cocok sebagai hadiah untuk keluarga atau teman. Ada beraneka ragam varian rasa dapat dipilih, termasuk vanila, moka, keju, dan kacang.

Itu tadi berbagai rekomendasi makanan khas atau kuliner khas Kabupaten Banyuwangi yang cocok dicoba ketika Anda mengunjungi daerah tersebut. Selamat menikmati!