Pantai Klayar
Destinasi & Kuliner

5 Rekomendasi Pantai di Pacitan untuk Menemani Akhir Pekan Anda

  • Rekomendasi selanjutnya adalah Pantai Soge. Jika biasanya untuk menuju pantai diperlukan perjalanan yang lumayan jauh karena letaknya yang terpencil, berbeda dengan pantai satu ini.

Destinasi & Kuliner

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Pantai adalah salah satu rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan atau akhir pekan. Bukan tanpa sebab, suasana yang tenang dengan suara  deburan ombak dan hamparan pasir putih memang bisa memanjakan mata penikmatnya. 

Selain sekedar rekreasi, banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di pantai seperti berenang, berjemur, bermain pasir, snorkeling, menyaksikan sunrise atau sunset, hingga berwisata kuliner. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum 5 rekomendasi pantai di Pacitan yang cocok untuk menemani akhir pekan Anda bersama keluarga. 

1. Pantai Klayar 

Semburan Ombak Pantai Klayar/Indonesia Kaya

Pantai Klayar berlokasi di Kalak, Sendang, Donorejo, Pacitan. Nama Klayar tentu sudah tidak asing di telinga Anda karena memang benar, Klayar adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Pacitan. 

Keunikan Pantai Klayar terletak pada semburan air yang unik dari tebing batuan karang. Fenomena ini terjadi karena derasnya gulungan ombak yang masuk ke sela-sela karang dan akhirnya menyembur melalui lubang-lubang yang ada di permukaan. 

Meski terkenal, harga tiket masuk Pantai Klayar masih tergolong terjangkau yaitu Rp5 ribu untuk weekday dan Rp10 ribu untuk weekend. 

2. Pantai Banyu Tibo 

Pantai Banyutibo/Backpacker Jakarta

Banyu adalah bahasa Jawa yang artinya air dan tibo artinya jatuh. Dinamai seperti ini karena di tepian pantai terdapat air terjun yang mengalirkan air langsung ke pantai. Pemandangan unik inilah yang menjadi main attraction di Pantai Banyu Tibo.

Pantai ini berlokasi di Widoro, Donorojo, Pacitan. Harga tiket masuknya pun tergolong murah. Hanya Rp5 ribu saja per orang.

3. Pantai Teleng Ria 

Pantai Teleng Ria/Antara

Tak kalah terkenal dengan Pantai Klayar, Pantai Teleng Ria juga kerap jadi jujugan wisatawan terutama di hari libur. Pantai ini hanya berjarak sekitar 5 menit dari pusat kota Pacitan, atau sekitar 3,5 km.

Keunikan Pantai Teleng Ria terletak pada keberadaan pegunungan Limo yang mengapitnya. Sehingga, pengunjung dapat menyaksikan tebing-tebing tinggi yang membentuk pola huruf U bak mengelilingi pantai. 

Pantai ini berlokasi di Desa Teleng, Kelurahan Sidoarjo, Pacitan. Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp5 ribu. 

4. Pantai Srau 

Pantai Srau/Pantaipedia

Pantai Srau berlokasi di Desa Candi, Pringkuku, Pacitan. Pantai ini dapat dijangkau dengan berkendara kurang lebih 45 menit dari pusat kota Pacitan.

Pantai Srau terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan kawasan pantai yang luas. Hal ini menjadikan Pantai Srau cocok digunakan untuk kegiatan outdoor seperti camping. 

5. Pantai Soge 

Pantai Sogge/Binamarga.pu.go.id

Rekomendasi selanjutnya adalah Pantai Soge. Jika biasanya untuk menuju pantai diperlukan perjalanan yang lumayan jauh karena letaknya yang terpencil, berbeda dengan pantai satu ini. 

Pantai Soge terletak tepat di sebelah jalan alternatif Pacitan-Trenggalek tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Menjadikan pantai ini mudah dijangkau. Tak jarang banyak pengguna jalan yang menepi sejenak untuk berfoto dengan latar Pantai Soge. 

Nah, berikut tadi adalah 5 rekomendasi pantai di Pacitan yang bisa Anda kunjungi untuk berakhir pekan. Semoga bermanfaat!