Senja di Tepi Sungai Serayu
Destinasi & Kuliner

5 Rekomendasi Tempat Menikmati Senja di Purwokerto

  • Purwokerto merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Banyumas yang memiliki sejumlah lokasi di yang cocok untuk menikmati senja.
Destinasi & Kuliner
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Kegiatan menikmati senja kini sedang digandrungi warga, khususnya generasi muda. Terdapat berbagai tempat untuk menikmati suasana tersebut seperti di persawahan, perbukitan, tanah lapang, pinggir sungai, dan lain sebagainya. 

Purwokerto merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Banyumas yang memiliki sejumlah lokasi yang cocok untuk menikmati senja. Berikut ulasan TrenAsia.com, dikutip dari berbagai sumber, Jumat 29 September 2023. 

Jembatan Kali Serayu

Lokasi menikmati suasana senja yang pertama berada di sekitar Jembatan Kereta Api Kali Serayu. Lokasi jembatan ini berada kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Purwokerto tepatnya di Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. 

Terdapat dua café di bawah jembatan yang sangat cocok digunakan sebagai lokasi menikmati suasana senja. Pada seberang sungai dari café tersebut juga terdapat wahana dermaga kapal sehingga pengunjung dapat menikmati senja sembari berkeliling Kali Serayu. 

Selain menikmati senja, pengunjung di kawasan ini dapat menikmati lalu lalang perjalanan kereta api yang menyeberang jembatan Kali Serayu yang persis berada di atas lokasi nongkrong tersebut.

Bendung Gerak Serayu

Berjarak tidak jauh dari Jembatan Kali Serayu, terdapat Bendung Gerak Serayu. Lokasi ini cocok digunakan untuk menikmati suasa senja sembari menikmati kilauan air yang terkena sinar kuning matahari pada sore hari. Pengunjung dapat duduk-duduk santai di tepian bendungan ataupun di lokasi yang nyaman lainnya.

Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan nasional pengubung Purwokerto dengan jalan lintas Selatan. Pengunjung yang datang di tempat ini juga tidak perlu khawatir soal makanan dan minuman sebab terdapat banyak penjaja makanan di sekitar bending gerak tersebut.

Bukit Watu Meja

Pemandangan senja akan tampak sangat indah jika dipandang dari atas bukit ini. Deretan persawahan yang menghijau di tepian Sungai Serayu juga terlihat dari atas bukit ini dengan apik. Sebuah komposisi yang cocok untuk sekedar dinikmati dengan secangkir kopi maupun diabadikan dengan kamera sebagai produk fotografi.

Di samping daya tarik wisata yang mengesankan, kawasan ini memiliki sejumlah fasilitas yang lengkap. Terdapat gazebo untuk berteduh, toilet, tempat makan, dan spot foto tentunya. Harga tiket masuknya juga terjangkau karena untuk sekali masuk di destinasi wisata ini cukup dengan membayar tiket seharga Rp7.000.

Jalan Bung Karno

Tempat menikmati senja berikutnya berada di Jalan Bung Karno. Lokasinya terletak tidak jauh dari pusat kota tepatnya di Kalibener, Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Sepanjang jalan ini masih terdapat persawahan sehingga semakin dapat menikmati pemandangan senja dengan leluasa. 

Terdapat pula menara pandang Teratai di jalan tersebut. Dari atas menara tersebut pengunjung dapat menikmati senja serta pemandangan Kota Purwokerto dari ketinggian. Kencangnya hempasan angin juga dapat dirasakan dari atas Menara pandang tersebut.

Rancamaya

Lokasi terakhir yang direkomendasikan untuk menikmati senja di sekitar Purwokerto yaitu berada di Rancamaya, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Dari pusat kota berjarak kurang lebih 15 kilometer. 

Lokasi menikmati senja di sini berada di pinggir jalan penghubung desa dimana di bawah jalan tersebut terdapat jalur kereta api yang berlika liku serta Sungai yang berada di sampingnya. Tidak hanya pengunjung, pengendara yang kebetulan lewat kala sore hari dapat menikmati keindahan di Rancamaya.