Telaga Wahyu
Destinasi & Kuliner

5 Rekomendasi Wisata Menarik di Magetan Selain Sarangan

  • TrenAsia memberikan rekomendasi 5 wisata menarik selain Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan.
Destinasi & Kuliner
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Pergi liburan menjadi salah satu opsi kegiatan untuk mengisi waktu kala Libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 telah tiba. Liburan dapat dilakukan dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata seperti gunung, pantai, museum, taman wisata dan lain sebagainya. 

Kabupaten Magetan bisa dijadikan opsi berwisata dengan berbagai destinasi wisatanya. Salah satu destinasi favorit wisatawan kala berkunjung ke Kabupaten ini adalah Telaga Sarangan. 

Destinasi tersebut bakal dipenuhi ribuan wisatawan dari berbagai daerah kala libur tiba. Saking banyaknya wisatawan, tidak jarang menyebabkan jalan raya menuju destinasi tersebut macet dan tersendat.

Selain itu, di dalam objek wisata Telaga Sarangan juga tidak kalah padatnya. Hal demikian yang terkadang membuat sebagian pengunjung menjadi tidak puas dan tidak nyaman. Ramainya pengunjung menyebabkan tidak dapat menikmati suasana dan pemandangan dengan nyaman. 

Oleh karenanya, TrenAsia memberikan rekomendasi 5 wisata menarik selain Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan.

Wonomulyo Highland

Wonomulyo Highland (Foto: Khafidz Abdulah Budianto)

Wonomulyo Highland atau Dataran Tinggi Wonomulyo berada di Kaki Gunung Lawu dengan ketinggian mencapai 1.300 mdpl. Lokasinya dikelilingi oleh perbukitan menjulang di sisi selatan Gunung Lawu. Tidak heran jika suasana di desa ini sangat sejuk dan dingin. Daya tarik utama dari kawasan Dusun Wonomulyo yaitu sajian pemandangan alam yang memanjakan mata.

Pemandangan akan semakin syahdu apabila turun kabut tipis sehingga suasana menjadi lebih dingin. Selain dari keindahan kawasan desanya itu sendiri, terdapat objek wisata yang dapat dikunjungi apabila sedang berada di Dusun Wonomulyo. 

Salah satu yang memiliki akses mudah untuk dikunjungi yaitu Bukit Sekudi. Bukit yang berada di pinggiran desa ini menawarkan pemadangan melihat Dusun Wonomulyo dari atas bukit. 

Bila dilihat dari bukit tersebut terlihat pemukiman warga yang tertata rapi berundak-undak di lembah yang dikelilingi oleh perbukitan. Tidak heran jika kemudian kawasan Dusun Wonomulyo ini juga kerap dikatakan mirip dengan tempat wisata Nepal Van Java di Kabupaten Magelang.

Genilangit Park

Wisata Genilangit (Foto: Dinas Kominfo Kab Magetan)

Bergeser sedikit sekitar 3 kilometer dari Wonomulyo, terdapat wisata buatan bertemakan alam bernama Genilangit Park. Wisata ini mulai dibuka pada tahun 2017 di sebuah kawasan hutan pinus di kaki Gunung Lawu bagian selatan. 

Kawasan ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang rindang nan indah. Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga menjadikan udara di kawasan ini juga sejuk dan dingin. Terdapat berbagai spot foto yang ada di wisata ini seperti ayunan, rumah kurcaci, dan lain sebagainya. 

Selain itu juga terdapat stand penjual makanan yang siap melayani ketika pengunjung membutuhkan asupan makanan saat berwisata. Tiket masuk kawasan ini juga cukup murah yakni Rp10.000. Akses jalan menuju destinasi ini juga cukup mudah dengan petunjuk yang jelas serta aspal yang lumayan bagus.

Taman Refugia

Kebun Refugia Magetan (Foto: Streetview)

Kembali bergeser, kali ini destinasi ganti menuju Taman Refugia. Destinasi wisata ini merupakan taman bunga yang baru dibuka menjadi kawasan wisata baru. Lokasinya sangat stretegis karena berada di dekat Pasar Plaosan dan jalan raya penguhubung pusat Kota Magetan dengan Telaga Sarangan. Wisata ini menyajikan berbagai macam bunga yang berwarna warni dan ditata apik sehingga indah untuk dipandang oleh siapapun.

Terdapat gardu pandang yang berfungsi untuk melihat seluruh area taman bunga dari atas sehingga dapat terlihat lebih indah. Harga tiket masuk taman bunga ini juga cukup terjangkau untuk wisata keluarga yakni Rp10.000.

Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park (Foto: Streetview)

Usai mengunjungi Taman Refugia, destinasi wisata keempat bergeser kembali ke arah atas tepatnya di sekitar jalan raya Sarangan-Cemoro Sewu. Terdapat destinasi bernama Mojosemi Forest Park yang tidak boleh dilewatkan untuk dikujungi. Seperti namanya, wisata yang berada di ketinggian 1398 mdpl ini dipenuhi oleh tumbuhan pinus dan jenis lainnya sehingga masih tetap terjaga layaknya hutan. 

Beragam jenis permainan dapat dicoba di wisata ini seperti High Rope Adventure, Zona Airsoftgun, Zona Panahan Air Terjun Tirto Mojo, Outbound, Flying Fox, Skywalk, ATV, hingga jeep untuk berkeliling dengan sensasi yang berbeda. Terdapat juga wahana Dinosaurus Park yang cocok untuk anak-anak.

Harga tiket masuk Mojosemi Forest Park adalah sekitar Rp35.000. Adapun tiket untuk wahana lainnya berada pada kisaran Rp10.000 – Rp550.000 tergantung pada jenis permainan. Alamat lengkapnya berada di Jl. Raya Sarangan, Comorosewu Km.5, Kali Jumok, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga Wahyu

Telaga Wahyu (Foto: Khafidz Abdulah/Tren Asia)

Bila masih ingin menikmati suasana telaga namun enggan menuju Sarangan karena padatnya pengunjung, Telaga Wahyu bisa menjadi alternatif untuk menikmati hal tersebut. Telaga ini letaknya berada di dekat Telaga Sarangan berjarak kurang lebih 3 kilometer saja. Secara geografis berada tepat di bawah Telaga Sarangan.

Telaga Wahyu memiliki luas ±10 hektar dan kedalaman ±16 meter. Destinasi ini juga menjadi lokasi spot memancing. Terdapat pula keramba ikan yang digunakan untuk budidaya. 

Sekeliling Telaga Wahyu terdapat beragam budidaya tanaman hias serta tanaman sayur mayur. Meski begitu, terdapat juga wahana wisata seperti becak air yang dapat dinaiki untuk menikmati pemandangan.

Fasilitas di Telaga Wahyu juga lengkap dimana terdapat tempat parkir, warung makan, mushola, dan toilet. Jam operasional wisata ini selama 24 sehingga bila kita ingin berkemah juga dapat melakukannya di objek wisata ini. Harga tiket masuknya hanya Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.