Bukannya Bersemangat, Ini Alasan Mengapa Kita Merasa Lelah Setelah Buka Puasa
Gaya Hidup

5 Strategi Meningkatkan Semangat Saat Tubuh Lesu Setelah Seharian Bekerja

  • Simak beberapa cara atau strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kelelahan yang biasa menyerang pada sore hari setelah seharian bekerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Lesu saat sore hari setelah seharian bekerja bisa terjadi pada siapa saja. Anda mungkin sedang bekerja selama 5 menit, lalu harus berjuang untuk melawan keinginan berbaring karena merasa lelah.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda tidak sendirian. Rentang fokus kita ternyata menurun secara alami ketika sore hari karena tubuh kita memiliki sistem peringatan internal yang disebut irama sirkadian, yang akan menguat dan berkurang sepanjang hari.

Ketika lesu ini melanda Anda, Anda dapat terus mendorong kelelahan atau mundur selangkah dan mencoba mengatasinya dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

Cara Mengatasi Kelelahan Saat Sore Hari Setelah Seharian Bekerja

Cara Mengatasi Kelelahan Saat Sore Hari Setelah Seharian Bekerja

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi kelesuan tersebut.

1. Minum Air Putih

Jika Anda ragu mengapa Anda begitu lelah dan kepala terasa berdenyut, cobalah untuk minum air putih lebih banyak. Dehidrasi membuat tubuh kita lelah, dan ternyata sebagian besar dari kita di tempat kerja sering lupa untuk minum ketika duduk atau menatap layar komputer sepanjang hari.

Tingkat dehidrasi yang ringan membuat kita kehilangan air di dalam tubuh sebanyak 1 % sampai 2%. Hal itu menyebabkan terganggunya kinerja kognitif, menimbulkan konsentrasi yang buruk, masalah memori jangka pendek, murung, dan cemas.

2. Nyalakan Lampu atau Berjalan Keluar Ruangan

Jika Anda merasa lesu setelah jam makan siang, mungkin kondisi tersebut bisa teratasi dengan membuat tubuh Anda terpapar lebih banyak cahaya. Jika Anda tidak bisa pergi ke luar, Anda bisa mencoba menyalakan lampu tempat Anda bekerja.

Hal ini karena kewaspadaan dan vitalitas tubuh kita bisa meningkat akibat adanya cahaya yang intens. Akan tetapi, sebaiknya Anda tetap pergi keluar, hal ini karena cahaya yang ada di luar ruangan jauh lebih kuat daripada cahaya yang ada di dalam ruangan.

3. Lakukan Power Nap

Daripada mengabaikan kelelahan, Anda bisa mencoba meluangkan sedikit waktu untuk istirahat sebentar atau yang biasa disebut dengan power nap. Akan tetapi, power nap ini tidak boleh terlalu lama. Sebaiknya Anda tidur atau istirahat sebentar saja tidak lebih dari satu jam.

4. Berbincang dengan Seseorang

Strategi lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan ketika sore hari adalah dengan berbincang atau mengadakan meeting di sore hari. 

5. Bayangkan Aktivitas Menyenangkan yang Menanti Anda

Menjelang sore tiba, Anda mungkin merasa lelah secara mental dan fisik serta berpikir Anda harus terus bekerja tanpa istirahat untuk menyelesaikannya. Namun secara berlawanan, jika ada aktivitas menyenangkan yang menanti Anda justru akan membuat Anda jadi termotivasi untuk menjalani aktivitas setiap hari.

Itu tadi beberapa cara atau strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kelelahan yang biasa menyerang pada sore hari setelah seharian bekerja. Selamat mencoba!