Cara Mengelola Keuangan Bagi Keluarga Berpenghasilan Tunggal
Gaya Hidup

5 Strategi Persiapkan Pensiun Dini Sejak Masih Muda

  • Inilah beberapa cara atau strategi untuk mewujudkan pensiun dini sejak muda.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Mungkin bagi Anda yang baru saja mendapat pekerjaan atau masih berusia yang relatif muda, rencana pensiun dini tampaknya menjadi tujuan terakhir yang Anda pikirkan. Hal ini karena anak muda biasanya masih ingin untuk meningkatkan pencapaian, melakukan investasi, dan sebagainya. 

Akan tetapi, ternyata kita juga tidak bisa mengetahui apa hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Selain itu, mungkin kita juga tidak tahu apakah di masa depan masih mampu menghidupi diri atau tidak.

Padahal, pada usia 30-40 tahun, umumnya pengeluaran sedang naik, karena kebutuhan rumah tangga dan anak. Sedangkan pada saat usia memasuki 50-an tahun, produktivitas akan mulai menurun yang membuat pendapatan juga akan menurun.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda sudah mempersiapkan strategi pensiun dini sejak muda. Berikut beberapa strategi pensiun dini yang bisa Anda terapkan mulai sekarang.

Hitung Pengeluaran Pensiun Tahunan

Untuk melakukan hal ini, Anda perlu memeriksa pengeluaran bulanan dan pertimbangkan apakah pengeluaran akan semakin meningkat atau justru menurun. Tambahkan pengeluaran bulanan Anda, dan kalikan angka itu dengan 12. 

Idealnya, Anda akan meningkatkannya sebesar 10% sampai 20% untuk pengeluaran tidak terduga. Ada baiknya juga untuk membuat anggaran pensiun sehingga Anda bisa memiliki gambaran tentang berapa biaya pengeluaran dibandingkan dengan pendapatan Anda.

Perkirakan Total Kebutuhan Tabungan

Aturan umum untuk merencanakan tabungan pensiun adalah Anda menghemat 25 kali pengeluaran tahunan yang direncanakan sebelum pensiun. Jumlah pasti mungkin akan lebih atau kurang tergantung pada gaya hidup dan variabel lainnya yang relevan. Untuk memastikan Anda cukup menabung setiap bulan, penting bagi Anda untuk mengetahui tingkat tabungan pribadi.

Investasi

Penting untuk mulai berinvestasi dalam portofolio pensiun yang disiapkan untuk pertumbuhan dalam jangka panjang. Pensiun lebih awal artinya Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk membiarkan investasi pensiun tumbuh. Oleh karena itu, pilihlah instrumen investasi yang bisa tumbuh dalam jangka waktu yang relatif pendek.

Fokus Membayar Utang

Jika Anda sudah fokus untuk melunasi utang, maka Anda bisa fokus untuk menabung. Uang yang tidak digunakan untuk membayar utang dapat tumbuh di rekening pensiun. 

Tetap pada Anggaran

Hal penting yang perlu dilakukan adalah Anda harus tetap mematuhi anggaran yang sudah ditetapkan untuk mencapai tujuan pensiun. Pertimbangkan untuk mengevaluasi tabungan dan investasi setiap bulan untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar.

Itu tadi beberapa cara atau strategi untuk mewujudkan pensiun dini sejak muda. Selamat mencoba.