Sumber Penghasilan Low Tuck Kwong
Korporasi

5 Sumber Penghasilan Bos Batu Bara Low Tuck Kwong

  • Low Tuck Kwong adalah salah satu pengusaha batu bara Tanah Air yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, tepat di bawah Hartono bersaudara.
Korporasi
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA – Akhir-akhir ini Low Tuck Kwong menarik perhatian publik lantaran harta kekayaannya tercatat meningkat drastis. Sebenarnya, siapa sosok satu ini?

Low Tuck Kwong adalah salah satu pengusaha batu bara Tanah Air yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, tepat di bawah Hartono bersaudara. Sejak artikel ini dibuat, harta kekayaan Low Tuck mencapai US$24,5 miliar atau setara Rp375,27 triliun (asumsi kurs Rp15.317 per dolar AS).

Jumlah kekayaannya meroket dari 2022 yang hanya US$3,7 miliar atau sekitar Rp56,68 triliun. Nah, sebenarnya dari mana sumber penghasilannya?

Sumber Penghasilan Low Tuck Kwong

Setelah harta kekayaannya meningkat drastis, banyak orang yang penasaran dari mana sebenarnya sumber kekayaannya. Tentu peningkatan kekayaannya tidak terlepas dari naiknya kinerja saham dari sejumlah perusahaan yang dimilikinya. 

Dilansir dari Forbes dan IDX Channel, berikut daftar perusahaan yang menjadi sumber penghasilan Low Tuck Kwong.

PT Bayan Resources Tbk (BYAN)

Low Tuck Kwong adalah pendiri sekaligus pemilik perusahaan ini dengan memegang 60,95% saham BYAN. Kinerja cemerlang perusahaan yang bergerak di industri batu bara ini sepanjang 2023 pun turut mendongkrak nilai kekayaannya. 

PT Samindo Resources (MYOH)

Sama seperti BYAN, perusahaan ini bergerak di bidang tambang batu bara. Tercatat Low Tuck Kwong telah menguasai 14,18% atau sekitar 312.776.250 lembar saham Samindo Resources.

Dulunya perusahaan ini bernama PT Myoh Technology, namun seiring berkembangnya perusahaan akhirnya Myoah Technology berubah nama menjadi PT Samindo Resources.

PT Voksel Electric

Selain perusahaan batu bara, sumber penghasilan Low Tuck Kwong juga diperoleh dari perusahaan Voksel Electric yang bergerak di sektor produksi kabel dan kawat listrik. Untuk perusahaan ini, ia telah menguasai 7,93% atau 329.331.640 lembar saham.

The Farrer Park Company 

Perusahaan ini bergerak di bidang perhotelan serta kelompok spesialis medis yang berbasis di Singapura. Low Tuck Kwong menjalankan perusahaan ini dengan sejumlah investor asing. Namun saat ini yang duduk dalam jajaran direksi perusahaan ini bukanlah dirinya, melainkan purtinya yang bernama Elaine Low.  

Singapura Methis Energy

Sebelumnya, perusahaan energi terbarukan ini dikenal sebagai Manhattan Resources yang berfokus pada lingkungan dan bertujuan mengurangi emisi karbon. Seperti namanya, perusahaan ini berbasis di Singapura. 

Itulah lima sumber penghasilan Low Tuck Kwong yang berhasil menjadikannya salah satu orang terkaya di Indonesia. Menurut Anda, dari mana sumber kekayaan terbesar Low Tuck Kwong?