Photo by Vlada Karpovich: https://www.pexels.com/photo/woman-seated-on-ground-working-on-her-laptop-4050296/
Gaya Hidup

5 Tips Agar Anda Lebih Produktif di Kantor dan Rumah

  • Saat kepala dan hati sudah selaras, maka mencapai tujuan akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Melakukan strategi-strategi produktivitas dapat membantu Anda menyelesaikan lebih banyak tugas dan mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan.

Dr. Santor Nishizaki, seorang penulis, pengarang buku, CEO, dan profesor di Universitas melansir dari laman website entrepreneur membagikan 5 tips agar Anda lebih produktif di kantor dan di rumah.

1. Buat tujuan

Santor pernah berkesempatan untuk mewawancarai penulis, Paul Epstein untuk berbagi mengenai tujuan dan Paul membuat formula bagus untuk membantu Anda membuat tujuan.

Ia menyebutnya sebagai persamaan kepala + hati = tangan. Kepala disini artinya adalah pola pikir, hati adalah keaslian, dan tangan adalah tindakan kita.

Saat kepala dan hati sudah selaras, maka mencapai tujuan akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. 
Contohnya ketika Anda memilliki tujuan untuk diet dan memulai gaya hidup sehat. Maka kepala kita akan mengatakan kepada diri kita untuk melakukannya dan hati kita akan membantu menjaga komitmen dan alasan Anda melakukan diet sebelum akhirnya dieksekusi oleh tangan kita berupa tindakan.

2. Terapkan prinsip lean

Prinsip ini pada dasarnya adalah untuk menghilangkan aktivitas-aktivitas yang tidak menambah nilai pada tujuan atau kebahagiaan Anda. Prinsip ini akan meningkatkan proses kerja Anda menjadi lebh efektif dan efisien dengan hasil yang lebih cepat dan kualitas yang lebih baik.

3. Fokus pada kesejahteraan mental

Terus menerus bekerja dapat menyebabkan stres, kecemasan, hingga depresi. Untuk mengatasi stres dalam karier. Anda dapat mencoba untuk mengerjakan hal-hal yang Anda sukai sebelum bekerja. Santor mengatakan ia biasa pergi ke gym pada pukul 3.30 pagi untuk memulai harinya sebelum ke kantor.

4. Tingkatkan hubungan interpersonal

Keterampilan interpersonal sering juga disebut softskill terpenting untuk membangun hubungan dan menyelesaikan sesuatu di tempat kerja.

Tugas dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih akurat jika kita memiliki hubungan yang kuat di rumah dan tempat kerja.

Misalnya adalah ketika Anda telah membantu teman dari departemen yang berbeda, mereka mungkin membalas budi dengan memberi tahu Anda bahwa ada rapat mendadak.

5. Jangan membandingkan diri

Tidak ada pencapaian luar biasa yang terjadi dalam semalaman. Bersikaplah lembut kepada diri sendiri. Jangan coba-coba untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain. Anda tidak pernah tahu perjuangan orang lain saat sedang mengerjakan tujuan mereka.

Anda juga harus mampu mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang manyayangi Anda, tidak menghakimi dan membantu Anda bertanggung jawab.

Saat ingin mencapai tujuan, Anda harus fokus namun di saat yang sama juga tidak terlalu memaksakan diri untuk mencapai tujuan ini.