<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsiaIsmail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

5 Tips Ampuh Agar Anda Lebih Produktif di Jam Pertama Kerja

  • Inilah cara agar Anda tetap fokus dan lebih produktif ketika jam pertama kerja. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Meski banyak orang yang merasa bahagia setelah mendapatkan pekerjaan baru, ada kalanya para karyawan merasa suntuk dan takut untuk memulai hari apalagi ketika hari Senin. Tidak hanya itu, terkadang para pekerja juga merasa kesulitan untuk langsung produktif di jam pertama kerja.

Jika Anda mengalami hal serupa, simak cara berikut ini agar Anda tetap produktif ketika bekerja.

Cara Lebih Produktif di Jam Pertama Kerja

Cara Lebih Produktif di Jam Pertama Kerja

1. Sarapan sebelum bekerja

Sebelum berangkat kerja, sebaiknya Anda sarapan terlebih dahulu. Jika Anda sarapan di depan komputer atau laptop, biasanya Anda lebih cenderung menjelajahi blog, media sosial, atau YouTube daripada langsung membuka tugas penting Anda.

Anda perlu mengetahui bahwa Anda tidak dapat benar-benar fokus bekerja jika tangan Anda masih memegang sendok dan terus menerus meraih sesuatu. Oleh karena itu, cobalah untuk bersiap dan sarapan terlebih dahulu sebelum memulai bekerja.

2. Buat daftar tugas 

Biasanya, kebanyakan orang hanya menulis daftar tugas dengan tugas-tugas yang mudah di bagian atas sehingga mereka merasa senang mencoret tugas tersebut ketika sudah terlaksana. Akan tetapi, sistem ini ternyata hanya membantu harga diri dan perasaan saja, dan bukan produktivitas.

Sebaiknya, Anda atur daftar tugas dengan tujuan jangka panjang untuk mengetahui tugas apa yang paling penting dan bagaimana Anda mencapai atau mengerjakannya. Tugas harian harus spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki jadwal atau deadline. 

3. Set pengatur waktu

Paksa diri Anda untuk tetap berada di zona pekerjaan dengan menetapkan waktu bekerja tanpa gangguan. Anda bisa menyetel pengatur waktu selama 50 menit yang akan memberikan waktu yang cukup lama untuk bekerja dan menyelesaikan pekerjaan Anda sebelum istirahat selama 10 menit.

4. Mulailah dengan tugas yang mengganggu pikiran Anda

Daripada asyik memindai melalui email atau media sosial, cobalah cari tahu tugas apa yang paling mengganggu dan sering Anda pikirkan. Atasilah hal yang paling menarik perhatian Anda. Seringkali hal tersebut adalah hal yang paling mengganggu Anda.

5. Matikan notifikasi

Ketika Anda memeriksa media sosial, otak Anda akan melepaskan dopamin dan merangsang ‘sistem penghargaan’. Meski notifikasi tidak selalu berisi sesuatu yang menarik, hal ini dapat mengganggu produktivitas Anda karena Anda akan tergoda untuk mencari ‘hal yang menyenangkan’ lainnya, karena seolah tidak puas dengan notifikasi tersebut.

Anda bisa mengatasinya dengan mematikan semua notifikasi telepon dan email. Selain itu, Anda bisa menetapkan batas waktu kapan Anda membuka aplikasi chat atau media sosial untuk mengetahui apakah ada hal yang diupdate mengenai pekerjaan Anda.

Itu tadi cara agar Anda tetap fokus dan lebih produktif ketika jam pertama kerja. Selamat mencoba!